10 Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik dan Nutrisinya

Jenis Sayuran yang bisa ditanam secara Hidroponik – Hampir tiap hari, kita menyantap bermacam-macam jenis sayuran dalam beraneka ragam olahan. Beberapa dari kita, lebih suka dalam wujud segar tanpa dimasak, seperti lalap atau salad.

Namun sebagai lain, lebih senang mengonsumsi sayur yang sudah diolah, sama halnya ditumis atau diolah dalam wujud sup. Bahkan, beberapa jenis sayuran akan lebih nikmat saat dikonsumsi dalam wujud olahan yang sudah di blender atau dihaluskan. Semua orang mempunyai selera yang berbeda.

Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik dan manfaatnya

Dibalik sayuran-sayuran itu, apakah kita mengetahui berbagai manfaaat dari jenis-jenis sayuran hidroponik yang kita konsumsi?

Berikut ini adalah penjelasan singkat, tentang beberapa jenis sayuran yang bisa dihidroponik serta memiliki nutrisi tinggi dan baik dikonsumsi:

Baca juga: 11 Keuntungan Menanam Sayur Secara Hidroponik

1. Seledri

Seledri mengandung banyak vitamin yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang bisa dipakai untuk mencegah atau untuk menyembuhkan beberapa penyakit.Salah satu khasiat daun seledri untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memperkuat fungsi hati, dan menambah kekebalan tubuh.

2. Timun

Bagi pencinta lalapan, timun merupakan salah 1 macam sayuran yang paling segar sebab mengandung banyak air. Timun dapat menyegarkan tubuh dan baik untuk rambut serta kulit kamu, dibandingkan saat kamu memakai masker. Mengonsumsi timun bisa membantu memperlancar penercaan. Disisi lain, kandungan mangan, folat, magnesium, leutin, serta klorofil dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi.

3. Kailan

Sayuran ini kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan serat. Sehingga amat baik untuk pencernaan dan tulang kita. Disamping itu, sayuran kailan juga berguna bagi mencegah penuaah dini. Terdapat trik khusus dalam memasak sayuran hidroponik kailan, pastikanlah kamu tak terlalu matang dalam memasaknya. Sebab ini berhubungan dengan kandungan nutrisi didalamnya.

4. Selada Hijau

Selada adalah salah satu sayuran yang kaya akan mineral, mulai dari mangan, tembaga, kalsium, pottasium dan kalium yang semuanya sangat berguna bagi menjaga kesehatan kita. Selada juga kaya akan kandungan vitamin C yang bisa mencegah penuaan dini serta menaikkan kesuburan organ-organ reproduksi, dan yang tentunya bermanfaat pula untuk janin.

5. Sawi Hijau

Sayuran ini bisa membantu mencegah kanker, khususnya kanker prostat, kanker usus, kanker payudara, dan kanker ovarium. Sawi juga sarat dengan nilai mineral, diantaranya : kalium, magnesium, asam folat. Disamping itu, sawi juga mengandung sejumlah jenis vitamin, yaitu : Vitamin C, Vitamin E, karoten dan glukosinolat yang berfungsi membantu kamu untuk memerangi radikal bebas dan mengobati infeksi.

Baca juga: 8 Kelebihan Budidaya Tanaman Secara Hidroponik

6. Buncis

Kandungan serat dalam sayur buncis bisa membantu pankreas untuk memproduksi insulin, yang bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2. Buncis yang asalnya dari negara Peru, mengandung senyawa antikoksidan yang amat baik untuk kesehatan. Untuk ibu hamil, sayuran hidroponik buncis ini amat baik untuk memperlancar ASI.

Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik

Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam Secara Hidroponik cukup banyak

7. Bayam

Bayam merupakan salah 1 macam sayuran yang termudah untuk diperoleh. Namun siapa sangka, ternyata sayuran hidroponik bayam ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Bayam mempunyai dua kali zat besi dibandingkan dengan sayuran lainnya, yang amat baik bagi kesehatan darah. Bayam juga mengandung 13 jenis komponen flavonoid dan klorofil yang membantu mencegah kanker. Baik untuk yang berumur lanjut, sebab dapat menambah nutrisi di otot dan persendian serta mencegah katarak dengan kandungan luteinnya.

8. Brokoli

Bukan cuma bagi orang dewasa, brokoli juga amat baik untuk balita. Brokoli mempunyai khasiat bisa mencegah risiko kanker, sebab kandungan antioksidan sulforaphane dan lutein yang ada didalamnya. Brokoli juga mengandung vitamin C yang bisa berguna bagi menjaga kesehatan jantung, membantu mengendalikan gula darah dan melawan radikal bebas. Dari sisi kandungan serat, brokoli dapat mencegah sembelit.

9. Pare

Sayuran yang terkenal mempunyai rasa pahit ini, ternyata mempunyai banyak manfaat. Sayur Pare tinggi akan kandungan serat, kalium, kalsium, zat besi serta vitamin C dan A. Pare juga berguna untuk menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah. Komponen saponin pada pare berguna bagi menaikkan sistem imunitas tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

10. Pakcoy

Pakcoy merupakan sayurang yang mempunyai kandungan asam folat, kalium, vitamin A, D, dan C yang amat tinggi. Dimana hal itu amat memberikan efek baik bagi kesehatan jantung kita. Disamping itu, pakcoy juga kaya akan kandungan glucosinolates yang merupakan antioksidan untuk mencegah kanker prostat dan payudara.

Baca juga: 4 Tips Air pada Tanaman Hidroponik agar Tumbuh Baik

11. Kangkung

Hampi setiap orang, mengenal kangkung sebagai sayuran penyebab kantuk. Namun siapa sangka, bila kangkung juga memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan kita. Bagi penderita diabetes, sayuran hidroponik kangkung bisa menghambat penyerapan gula dalam darah. Hebatnya lagi, kangkung kaya akan mineral seperti : kalium, fosfor, kalsium dan vitamin B kompleks. Sehingga mampu membantu menaikkan horman yang membangkitkan rasa nyaman didalam tubuh.

Itulah deratan sayuran yang bisa ditanam secara hidroponik dan manfaat beberapa jenis sayuran hidroponik yang kerap kita konsumsi setiap hari.

Semoga dengan manfaat dan khasiat tersbut, kita kian gemar dalam menanam secara hidroponik dan mengonsumsi sayuran untuk menjaga kesehatan kita. Bila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah.

Leave a Reply