10 Tanaman Hias Daun Cantik yang Cocok di Rumah

Tanaman hias daun merupakan salah satu tanaman yang dipakai untuk menghias dan mempercantik rumah atau halaman. Jenis-jenis tanaman hias cukup bermacam-macam. Tetapi dalam pembagiannya tanaman hias cuma dibagi menjadi dua yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga.

Tanaman hias daun merupakan tanaman hias yang mempunyai keindahan pada daunnya sedangkan tanaman hias bunga mempunyai keindahan pada bunganya. Pada ulasan saat ini saya cuma akan menjelaskan mengenai jenis tanaman hias daun.

Banyak orang memakai Tanaman hias daun sebagai pemanis ruangan. Tanaman hias daun sangat cocok menjadi tanaman hias dalam ruangan. Keuntungan memelihara tanaman hias daun dibanding tanaman hias bunga yaitu perawatannya yang lebih mudah, apalagi jika ditaruh di dalam ruangan.

10 Tanaman Hias Daun Cantik

Ketika memilih tanaman hias sesungguhnya tidak memerlukan skill khusus. Kamu Cuma perlu menyerasikan tempat yang mau diletakan tanaman hias. Untuk bisa memudahkan kamu dalam memilih tanaman hias, maka saat ini saya akan membagikan info tentang beberapa jenis tanaman hias yang bisa anda jadikan pilihan.

1. Tanaman Hias Tanduk Rusa

Tanduk Rusa (Platycerium) ialah suatu genus tumbuhan paku dengan jumlah sekitar 18 jenis. Kesemuanya merupakan epifit (akar melekat di batang pohon) dengan penampilan yang unik sebab mempunyai dua tipe daun dengan fungsi dan bentuk tentu berbeda.

Setidaknya ada 2 tipe daun untuk Tanaman Paku Tanduk, yaitu :

  1. Tipe pertama selalu cerah dan berbentuk perisai tegak, mengering pada saat keadaan kekurangan air, fungsinya mengumpulkan dedaunan kering dan penangkap air, sehingga kelembabannya terjaga.
  2. Tipe kedua menjuntai dari “pusat” daun tipe pertama dengan bentuk menyerupai tanduk rusa (meskipun ada beberapa jenis yang tidak demikian), berfungsi sebagai pembawa spora yang berada di sisi bawah daun, panjang daun yang menjuntai bisa mencapai 1 meter atau lebih.
tanaman hias daun paku tanduk rusa

Paku Tanduk Ra

Paku tanduk rusa juga sering disebut Simbar Menjangan, tanaman hias daun ini bisa dijumpai tumbuh liar di seluruh daerah tropis dunia (dari Malaysia hingga wilayah Polynesia). Tanaman hias ini biasa ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman.

Baca juga: 15 Rangkaian Bunga Mawar Cantik yang Bisa Dicoba

Tempat yang disenangi oleh tanaman ini merupakan tempat yang teduh, yang tidak langsung mendapat paparan sinar matahari. Anakan yang tumbuh dapat dipisah dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada area lain.

2. Tanaman Hias Keladi Red Star

Keladi merupakan kelompok tumbuhan dari genus Caladium. Salah satu varietasnya yaitu keladi red star bisa dijadikan tanaman hias daun. Tanam Keladi Red Star terkenal karena kecantikannya pada urat didaunnya yang berbentuk bintang dan warnanya yang merah cerah, tangkai daunya yang agak berwarna kemerahan dengan belang-belang hitam.

tanaman hias daun keladi red star

Daun keladi red star

Keladi red star termasuk tanaman yang amat mudah ditanam, tanaman hias ini juga cepat berkembang yang penting media tanamnya tetap dijaga tidak kering. Tanaman ini sebaiknya anda simpan di tempat yang terpapar sinar matahari penuh, supaya warna merah pada urat daunnya makin timbul. Perawatannya hanya dengan penyiraman sekali dalam satu hari. Penyiraman harus ke medianya, jangan pada daun. Ketika media yang dipakai tidak kering, maka keladi akan tumbuh dengan indah, lebar dan warna pada daunnya akan lebih cantik.

3. Tanaman Hias Daun Puring

Tanaman puring (latin: Codiaeum variegatum) merupakan tanaman hias daun yang amat populer. Tanaman purin juga dikenal dengan nama kroton yang banyak ditemui di pekarangan. . uniknya, tanaman ini dulunya dianggap tidak berharga tetapi sekarang tanaman ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.  Tanaman ini akan banyak kamu temukan ini pada perumahan-perumahan mewah.Tanaman ini mempunyai warna daun yang bermacam-macam.  Ada  merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain. Bentuk daun dari tanaman purin panjang oval dan bergelombang. Jenis tanaman purin yang banyak menjadi incaran yaitu jenis Red Aple, Oscar, Puring Anting Raja, Logam, Puring Arjuna , Puring Asmara Jingga, dan jenis purin kura.

Tanaman Hias Daun Puring

Daun Puring

4. Tanaman Daun Dieffenbachia

Tanaman hias yang cukup banyak ditemui dipekarangan orang-orang. Tanaman ini dikenal dikalangan para pedagang tanaman hias sebagai daun bahagia. Dieffenbachia juga sangat mudah untuk dirawat. Tanaman ini juga tahan dalam ruangan walupun untuk rentan waktu tertentu. Warnanya akan cenderung gelap bila ditempatkan di dalam ruangan atau dibawah benda lain. Jadi bukan masalah bila tanaman ini dijadikan sebagai tanaman indoor.

Meletakkan tanaman ini pada dalam ruangan, selain dapat mempercantik ruangan juga bisa membersihkan udara. Menanamnya di halaman juga dapat membantu mengurangi gas polutan disekitar rumah. Tetapi, anda juga perlu berhati-hati terhadap getah daun ini. Karena bisa mengakibatkan gatal-gatal ataupun kejang pada bibir dan lidah serta kerongkongan bila mengenainya.

tanaman hias daun dieffenbachia

Tanaman Dieffenbachia

5. Tanaman Daun Aglaonema

Salah satu tanaman yang cukup popular, aglonema. Tanaman aglonema mempunyai daun yang berbentuk oval dan warnanya hijau, dan dihiasi bintik-bintik, garis yang warnanya abu-abu keperakan. Nama lain dari tanaman ini yaitu Sri rejeki. Tanaman ini juga amat mudah untuk ditanaman tanpa perlu perawatan secara intensif, tetapi tanaman ini amat memerlukan cahaya yang tidak langsung dan lingkungan yang cukup lembab. Anda juga harus berhati-hati bila ruangan terlalu panas dan kering di musim kemarau, sebab tanaman ini akan gampang layu dan harus dibuang. bagi kalian yang ingin lebih tahu cara menanam dan merawat aglaonema, silahkan baca 5 Cara Menanam dan Merawat Aglaonema yang Baik

tanaman hias daun aglaonema red sumatra

Daun aglaonema red sumatra

6. Tanaman Hias Daun Lidah Mertua atau Sansevieria

Tanaman Sansevieria atau orang banyak menyebutnya lidah mertua. Tanaman hias ini juga pernah kita bahas. Ada yang menduga penyebutan lidah mertua mungkin sebab bentuknya yang panjang yang menggambarkan seperti mertua yang cerewet. Hahaha.

Sansevieria mempunyai model yang cukup indah serta akarnya sangat kuat dalam menahan erosi. Tanaman hias daun ini harganya juga lumayan tinggi. Lekukan di bagian daunnya membuatnya terlihat menarik. Sansevieria ini juga banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias. Sansevieria yang bentuknya unik dan langka akan membuat harganya kian mahal di pasaran.

tanaman hias daun lidah mertua atau sansevieria

Lidah mertua atau Sansevieria

Dibalik bentuknya daunnya yang panjang menjulur, Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias daun yang dapat menyerap racun dari udara. Tanaman ini dapat membersihkan, menyerap dan menetralisir polusi dan racun di udara.

Dalam bahasa inggris tanaman ini dikenal dengan sebutan snake plant, mother-in-law´s tongue, atau devil’s tongue. Dibalik nama-namanya yang buruk tanaman ini memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan, mungkin diibaratkan sama dengan para mertua yang sering memberikan kebahagiaan pada anak dan menantunya. (Mungkin loh yah. hahaha)

7. Tanaman Daun Saka Asparagus Plumosus

Tanaman Saka Asparagus Plumosus salah satu tanaman hias yang harganya cukup mahal. Saka Asparagus Plumosus merupakan tanaman hias daun sejenis paku yang daunnya lebat menyerupai jarum halus. Potongan batangnya yang berdaun sudah dapat dipakai untuk menghias rumah.

Tanaman Asparagus sangat mudah ditanam, asal diberi sedikit cahaya matahari tidak langsung. Tanaman ini juga memerlukan lingkungan yang tidak kering dan lembab.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula Sekalipun

Tanaman hias daun saka asparagus

Daun saka asparagus

8. Tanaman Hias Daun Suplir

Tanaman Suplir ialah jenis tanaman hias daun yang memiliki bermacam-macam jenis dan varietas. Meskipun begitu, suplir yang cukup cantik ini disebabkan Suplir memiliki daun yang kecil serta memberi suasana segar itu, tanaman ini juga susah dipelihara sebab memerlukan lingkungan yang tidak kering dan udara yang bersih.

tanaman hias daun suplir adiantum

Daun suplir adiantum

Habitat asli tanaman ini pada umumnya di pinggir-pinggir sungai yang teduh di pepohonan sebab suplir cuma memerlukan sedikit pencahayaan. Oleh sebab itu, sebagian tempatnya harus teduh. Jenis tanaman ini juga tak terlalu memerlukan air, asal tempatnya tidak kering dan tidak basah serta lembab maka tanaman ini sudah bisa tumbuh dengan bagus.

9. Tanaman hias Kadaka

Tanaman Kadaka merupakan salah satu jenis pakis haji atau sering disebut sebagai pakis sarang burung. Akhir-akhir ini pencinta tanaman anthurium banyak yang berpindah ke tanaman hias daun Kadaka. Kadaka ini adalah jenis tanaman khas Indonesia berdaun tebal yang bisa ditemukan di hutan. Tanaman ini dulunya banyak yang menganggapnya sebagai hama dan tidak berharga tetapi pada akhirnya tanaman ini diburu oleh banyak orang sebab keindahannya.

Tanaman hias daun Kadaka

Daun Kadaka

Banyak sekali jenis tanaman kadaka diantaranya yang laris di toko bunga ialah jenis Kadaka keriting, kadaka osaka dan kadaka ular. Daun dari kadaka bisa tumbuh besar mencapai 25-35 cm berbentuk seperti bulu ayam besar yang halus. Keunikan dari tanaman hias daun kadaka ialah bentuk dan ukuran daun yang bila semakin besar semakin unik bentuknya akan mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi.

10. Tanaman Hias Kuping Gajah

Tanaman Kuping Gajah atau biasa disebut Anthurium Crystallinum merupakan jenis tanaman hias daun yang cukup terkenal. Mungkin karena bentuknya yang lebar dan menyerupai telinga gajah yang membuat tanaman daun ini dinamakan sebagai tanaman kuping gajah. Daun kuping gajah yang memiliki warna hijau tua dengan urat-urat hijau muda keputihan.

tanaman hias daun kuping gajah

Daun kuping gajah

Daun tanaman kuping gajah mempunyai daya pikat terutama dari bentuk daunnya yang istimewa. Sehingga membuat tanaman ini mudah untuk dirawat, sebab perhatian perawatannya cenderung cuma tertuju kepada daunnya saja. Jenis tanaman Anthurium ini cuma memerlukan cahaya matahari yang sedikit, tempat yang teduh seperi beranda rumah, teras belakang rumah merupakan tempat yang amat cocok untuk Anthurium.

Baca juga: 6 Bisnis Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan

Sekian dulu 10 tanaman hias daun cantik yang bisa kami berikan. Bagaimana? Sudah mempunyai referensi tanaman hias daun yang akan anda pilih? Pastinya dengan membaca artikel diatas anda sudah mempunya referensi. Wassalam

Incoming search terms:

  • tanaman hias daun
  • jenis-jenis tanaman hias daun
  • contoh tanaman hias daun
  • tanaman hias berdaun lebar
  • jenis tanaman hias daun
  • tanaman daun

Leave a Reply