Tips Menanam Tanaman Hias Bunga Lily of the Valley

Bunga Lily of the valley itulah nama tanaman yang mungil dan indah ini. Lily of the valley termasuk bunga yang paling cantik dalam keluarga lily, tanaman hias ini bersifat ‘perennial’. Lily of the valley merupakan bunga musim semi warna putih berukuran sangat kecil dengan bentuk menyerupai lonceng

Tanaman hias bunga ini cuma muncul pada musim semi di daerah dengan 4 musim, utamanya di bagian utara Inggris. Bunga ini banyak tumbuh di negara Inggris terutama pada bagian utara.

Sedangkan makna dari bunga mungil yang cantik ini merupakan kepercayaan, sinar kebahagiaan dan kesucian. Lily of the Valley termasuk salah satu yang paling indah dalam keluarga Lily.

Bunga-bunganya pada umumnya warnanya putih meskipun kadang ada pula yang warnanya putih kemerah-mudaan. Di bulan September bunga ini mengeluarkan buah berry manis pada bagian petalnya yang berdiameter 5-7 mm.

Baca juga: Manfaat Tanaman Hias Bunga Saffron, Penghias dan Rempah

Bunga Lily of the valley ini dijadikan sebagai lambang kemurnian, kesederhanaan, pesona, kerendahan hati dan juga dipercayai membawa keberuntungan di dunia percintaan.

Tanaman hias bunga Lily of the Valley sebenarnya aman asal tidak dimakan

Tanaman hias bunga Lily of the Valley sebenarnya aman asal tidak dimakan

Bunga Lily of the valley beracun?

Bunga Lily of the valley warnanya putih dan berbentuk seperti lonceng yang menggantung di dahannya. Lilly of the valley terlihat sangat cantik dan tampak tidak berbahaya namun jangan tertipu dengan penampilannya. Bunga ini ternyata yang  beracun.

Tetapi dibalik keindahan tersebut, tanaman hias bunga ini ternyata amatlah berbahaya dan mematikan sebab bunga ini termasuk golongann bunga beracun. Racun itu akan membahayakan manusia apabila mengkonsumsi bunga ini dalam jumlah banyak, namun bila cuma mengkonsumsi satu atau dua bunga saja tak terlalu berakibat.

Meskipun cuma mengkonsumsi satu atau dua takaran dari bunganya yang berbentuk lonceng ini tak akan berdampak fatal, tetapi apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak yaitu bisa menyebabkan seseorang akan merasa gatal di bagian mulut, mual yang amat luar biasa, muntah-muntah, diare dan serta akan kram semua bagian tubuhnya.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Kertas dan Perawatannya

Dan yang lebih membahayakan lagi yaitu apabila tanaman hias bunga ini dikonsumsi seseorang dalam jumlah yang besar, racun yang terdapat di dalam bunga Lily of the valley ini bisa mengakibatkan disfungsi jantung dan membuat detak jantung melemah.

Convallatoxin merupakan racun yang berada di dalam tumbuhan ini. Dahulu racun dalam bunga Lily of the valley (Convallatoxin) dipakai sebagai kebutuhan medikasi hati. Aromanya yang harum membuat bunga ini juga dimanfaatkan untuk membuat parfum.

Cara aman menanam Tanaman Hias Bunga Lily of the Valley

Jika kamu ingin menanam bunga ini di rumahmu, sebenarnya tidak ada yang masalah yang akan timbul. Asalkan kamu bisa mengikuti tips-tips berikut.

  • Jangan sekali-kali mencoba mencicipi bunganya, walaupun hanya sedikit
  • Tanam di tempat yang jauh dari jangkuan anak-anak
  • Beritahukan kepada seluruh keluarga di rumah untuk tidak memainkan bunga Lily of the Valley di mulut, apalagi memakan bunganya.
  • Letakkan dengan tanaman hias yang jarang didekati orang-orang awam, misalnya kaktus

Baca juga: Kenalan dengan 17th Century Tulip Bulb, Tanaman Hias Bunga yang Mahal

Silahkan ikuti tips tersebut agar keluarga anda aman dan rumah anda juga tetap bisa tampil cantik dengan tanaman hias bunga Lily of the Valley ini. wassalam

Leave a Reply