15 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Rumahmu

Rumah yang banyak dengan tanaman hias bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Pastinya setiap orang menginginkan memiliki rumah yang sedap dipandang oleh siapapun. Oleh sebab itu perlunya tanaman sebagai penghias, apakah itu berupa bunga, daun, buah, ataupun tanaman hias gantung.

Tanaman Hias Gantung

Tanaman hias gantung sebenarnya bukanlah sebuah jenis tanaman hias, melainkan hanya sebuah model dalam dekorasi tanaman rumah. Tanaman hias gantung ini bisa berasal dari tanaman hias bunga, daun, ataupun buah. Tapi ingat, tidak semuanya bisa menjadi tanaman hias gantung, hanya tanaman tertentu saja antara lain:

1. Tanaman Anggrek

Anggrek, salah satu tanaman hias terbaik. Tanaman anggrek akan mempunyai keindahan bunga tatkala mendapat dukungan yang mirip keadaan di habitat alam aslinya. Berdasarkan tempat tumbuhnya, tanaman anggrek mempunyai ribuan jenis anggrek yang terbagi dalam anggrek saprofit, epifit, terestrial, dan brassavola.
Anggrek juga dapat hidup tanpa menempel pada pohon atau tanaman lain, yaitu dengan digantung.

tanaman hias gantung anggrek

tanaman hias gantung anggrek

Ada beberapa cara, yaitu pertama ialah batang tanaman anggrek diikit dengan kawat atau tali plastik lalu digantungkan di atas teras. Lalu cara lainnya dengan menggantungkan dengan memberi keranjang atau pot, apakah dari keramik atau kayu yang didalamnya telah terdapat tanaman anggrek, dan bagian akar yang menggantung diberi sphagnum moss sampai padat untuk menjaga kelembapan tanaman.

2. Tanaman Begonia

Begonia ini adalah tanaman hias yang gampang berbunga. tampilan dari bunga begonia mirip dengan bunga mawar. Bunga ini juga cocok digantung. Tanaman hias ini juga merupakan tanaman asli daerah tropis dan subtropis.

bunga begonia di pagar

bunga begonia di pagar

Dalam perawatannya, harus memperhatikan tempat dan penyiramannya. Ketika musim kemarau/panas, sebaiknya tanaman hias ini ditempatkan ditempat yang sedikit teduh. Meskipun tanaman hias begonia ini suka dengan sinar matahari langsung, media tanam yang baik begonia ini yaitu tanah yang lembap.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Daun Cantik yang Cocok di Rumah

3. Tanaman Black Eyed Susan Vine

Merawat tanaman hias Black Eyed Susan Vine tergolong mudah. Bagian tengah nya cukup padat dan berwarna sedikit gelap, sekelilingnya dikelilingi oleh daun bunga. Tanaman hias ini juga disebut sebagai Thunbergia Alanta. Tanaman hias ini termasuk tanaman yang amat popular dikalangan tanaman hias yang digantung disetiap rumah-rumah yang mempunyai tanaman hias gantung.

Black Eyed Susan Vine cocok jadi tanaman hias gantung

Black Eyed Susan Vine cocok jadi tanaman hias gantung

4. Tanaman Bowiea Volubilis

Tanaman Bowiea Volubilis ini adalah tanaman yang masih mempunyai hubungan dengan bawang-bawangan. Bentuknya yang cantik dan merambat sangat cocok untuk menjadi tanaman hias gantung. Tanaman ini dapat hidup di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

bowie volubilis digantung dengan pot

bowie volubilis digantung dengan pot

5. Tanaman Geranium

Tanaman geranium cukup popular. Geranium merupakan bunga tanaman hias yang mempunyai warna mencolok dominan merah. Tanaman hias ini akan sangat cantik bila di pajang di rumah dengan digantung. Warnanya yang mencolok cocok untuk menjernihkan kepala saat sedang pusing atau stres.

bunga geranium cocok di gantung maupun tidak

bunga geranium cocok di gantung maupun tidak

Geranium mempunyai nama asli Pelargonium. Sesungguhnya geranium itu tanaman yang tidak disenangi nyamuk atau tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai sekitar 200 spesies.

6. Tanaman Lantana

Tanaman hias yang satu berasal dari daerah asli wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Normalnya tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.700 m dpl. Tanaman ini bisa menghasilkan nektar yang bisa memancing kupu-kupu ke taman atau pekarangan rumah kamu, dan bisa membuat suasana menjadi lebih indah dan menarik.

lantana sangat bagus menjadi tanaman hias gantung

lantana sangat bagus menjadi tanaman hias gantung

7. Tanaman Zygo Cactus

Tanaman hias Zygo Cactus adalah tanaman yang sangat senang dengan sinar matahari pagi, dan juga tumbuh baik pada kelembapan yang tinggi. Meskipun pertumbuhannya juga terbilang lambat, tetapi saat waktu berbunga kuncupnya berbunga dengan bersamaan. Tentu hal ini akan memberi keindahan di halaman rumahu jika kamu menanamnya.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula Sekalipun

zygo cactus juga bisa digantung

zygo cactus juga bisa digantung

8. Tanaman Portulaca

Tanaman ini amat cocok digantungkan untuk memperidah halaman rumah kamu. Tanaman hias portulaca memiliki pertumbuhan cukup lambat. Walaupun begitu, bunga yang tumbuh akan terlihat sangat cantik nan indah, tentu ini sebanding dengan wakti tunggunya.

yellow portulaca yang menjadi tanaman hias gantung

yellow portulaca yang menjadi tanaman hias gantung

Klik untk lanjut ke halaman berikutnya

Leave a Reply