25 Tanaman Hias Dalam Ruangan Penyejuk Udara dan Mata

11. Ficus benjamina atau Beringin

tanaman hias dalam ruangan, Ficus benjamina

tanaman hias indoor, Ficus benjamina

Tanaman Ficus atau Beringin berasal dari Asia Tenggara. Pada awalnya tanaman ini merpakan tanamn diluar ruangan, akan tetapi sekarang telah menjadi tanaman hias dalam ruangan karena tanaman ini dapat bertahan di segala iklim.

Biasanya tanaman ini dapat tumbuh menjulang tinggi di alam bebas. tetapi saat ini banyak pohon beringin yang dijadikan bonsai, khusus nya jenis beringin berdaun loreng (variegata) yang sangat di gemari oleh pecinta tanaman hias dalam ruangan.

Di indonesia pada masa lampau, tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap keramat dan melindungi penduduk setempat. Sesaji sering diberikan di bawah pohon ini. Pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul.

Tetapi selain mitosnya yang banyak, ficus juga mempunyai kemampuan menyaring polusi udara dari zat berbahaya seperti formalin, benzena, dan trichloroethylene. Merawat tanaman ficus cukup sulit, akan tetapi apabila anda sudah mahir dalam menyiram dan mengatur pencahayaan dengan benar, maka ficus dapat berumur sangat panjang. Cocok bagi anda yang sudah berpengalaman jika menginginkan tanaman hias indoor yang elegan

12. Dracaena reflexa atau Song of India

tanaman hias dalam ruangan, Dracaena reflexa

tanaman hias indoor, Dracaena reflexa

Jangan terkecoh namanya, Spesies ini bukan berasal india, tetapi dari hutan tropis di Madagaskar, Mauritius dan sekitarnya. Dracena Reflexa sangat populer sebagai tanaman hias dalam ruangan dikarenakan daunnya yang berwarna hijau dan dibatasi oleh warna putih atau kuning.

Sangat mudah dipelihara karena tidak begitu rentanterserang penyakit dan mampu bertahan dengan pencahayaan yang sedikit. Tumbuhan ini juga termasuk tanaman penyaring udara yang bagus dan dapat menyerap formalin, toluena, dan xylene di udara.

13. Lonicera Periclymenum atau honeysuckle

tanaman hias dalam ruangan, honey suckle

tanaman hias dalam ruangan, honey suckle

Sebrnarnya tanaman ini bukan tanaman untuk dalam ruangan karena membutuhkan sinar matahari yang banyak. Tetapi jika sudah di bonsai, barulah tanaman ini cocok dalam ruangan anda. Tanaman ini berasal dari Eropa, dan cukup digemari karena warna dan bentuk bunganya yang sangat indah.

Mitos mengenai tanaman ini juga cukup banyak, mulai dari pembawa keberuntungan, penjaga rumah, sampai penyembuh penyakit. Aneh-aneh saja. haha

14. Snake Plant/ Lidah Mertua atau Sansevieria trifasciata ‘Laurentii’

tanaman hias dalam ruangan, lidah mertua

tanaman hias dalam ruangan, lidah mertua

Kalau “lidah mertua”mu pedis dan bikin sakit, maka lidah mertua yang satu ini berbanding terbalik. Haha. Lidah mertua yang satu ini dapat menyejukkan udara dan mata kamu. Lidah mertua tanaman yang dapat bertahan di tempat yang kurang pencahayaan dan kurang air.

Tanaman hias dalam ruangan ini salah satu tanaman yang memiliki kemampuan paling baik dalam menyaring zat formalin di udara yang. Tanaman ini cocok disimpan tanaman ini di kamar mandi atau ruang tamumu sebagai tanaman hias dalam ruangan, maupun sebagai tanaman penyaring udara

15. Tanaman Hias Anthurium

tanaman hias dalam ruangan, anthurium

tanaman hias dalam ruangan, anthurium

Anthurium merupakan tanaman hias indoor yang sangat cantik dan bunganya juga sangat eksotis. bukan hanya itu, bentuk daun nya yang cantik, berwarna gelap dan berukuran besar dapat menyaring Ammonia, formalin, toluena, dan xylene. Tanaman ini sangat cocok disimpan di kantor ataupun dirumah anda, terlebih jika anda menyimpannya dekat tv atau dekat printer.

16. Aloe vera atau Lidah Buaya

tanaman hias dalam ruangan, aloe vera

tanaman hias indoor, aloe vera

Tanaman yang satu ini sudah cukup popular dikalangan kolektor. Lidah buaya termasuk tanaman yang mudah di pelihara. Aloe Vera atau lidah buaya sudah terkenal dengan manfaatnya di bidang kecantikan dan kesehatan. Daunnya mengandung cairan penuh vitamin, enzim, asam amino, anti bakterial dan anti inflamasi.

Disamping itu Aloe vera juga dapat membersihkan udara dari formalin dan benzene yang dikeluarkan dari produk kebersihan atau cat. Lidah buaya sangat cocok di simpan di balik jendela yang terkena sinar matahari, selain kemampuannya menyaring udara Aloe Vera juga bisa menyembuhkan luka bakar.

17. Lavender

tanaman hias dalam ruangan, lavender

tanaman hias dalam ruangan, lavender

Tentu tanaman ini sudah tidak asing bagi kalian. Meskipun tidak memiliki kemampuan sebagai tanaman pembersih udara, tetapi Lavender justru bisa mengusir serangga, terutama nyamuk.

Selain itu alasan mengapa Lavender cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan adalah karena tanaman lavender ini mempunyai kemampuan yaitu mengeluarkan zat yang bisa membuat tubuh rileks, membantu sulit tidur dan menyembuhkan sakit kepala. Tentu sangat cocok menyimpan lavender di kamar kalian.

18. Dracaena red-edged atau Dracaena marginata

tanaman hias dalam ruangan, red edged dracaena

tanaman hias indoor, red edged dracaena

Tanaman hias dalam ruangan lainnya yang elegan yaitu dracaena. Warna merah di ujung tanaman ini sangatlah cantik dan memukau. Tanaman ini sangat hebat dalam membuang zat trichloroethylene, xylene, dan formalin di udara yang dihasilkan dari pernis furnitur kayu dan bensin serta zat buangan pembersih lantai.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula Sekalipun

19. English Ivy atau Hedera Helix

tanaman hias dalam ruangan, english ivy

tanaman hias dalam ruangan, english ivy

English ivy, kadang disebut sebagai hama jika tumbuh di luar ruangan karena daya rambatnya yang sangat luas. Jika anda menanam tanaman ini diluar rungan, malah akan merusak bentuk taman anda. Tetapi lain ceritanya apabila dibawa ke dalam rumah, tmbuhan ini sangatlah aman. Tanaman ini sangat cocok anda gantung di sela pintu rumah, dan kemampuannya sebagai tanaman penyaring udara dari formalin juga sangat baik.

20. Golden pothos atau Scindapsus aures

tanaman hias dalam ruangan, Scindapsus aures

tanaman hias indoor, Scindapsus aures

Tanaman hias dengan bentuk simple. Tanaman ini memiliki kemampuan bertahan hidup yang sangat kuat, salah satu dari sedikit tanaman hias yang sangat tahan banting. Ditempat kurang pencahayaan pun tetap bisa memeliharanya.

Oleh sebab itu Golden Photos sangat sesuai untuk pemula yang kurang pengalaman dalam memulai hobi merawat tanaman hias. Tanaman hias ini sebenarnya bukan penyaring zat formalin yang baik, jadi hanya cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan saja.

Klik ke tanaman hias berikutnya

Leave a Reply