25 Tanaman Hias Dalam Ruangan Penyejuk Udara dan Mata

Tanaman hias dalam ruangan bagi sebagian orang sangat penting dan menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihilangkan di rumah. Tanaman hias dalam ruangan bertujuan agar rumah terasa lebih hidup. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa tanaman hias indoor yang dapat memberikan ide untuk dekorasi interior rumah Anda.

25 Tanaman Hias dalam Ruangan

Sebelum memutuskan untuk menanam tanaman hias indoor, anda perlu mengetahui cara-cara merawatnya ya agar tanaman hias tersebut tidak mati. Nah maka dari itu disini kami juga akan memberikan tips merawat tanaman hias indoor juga. Nah berikut 25 tanaman hias dalam ruangan yang menyejukkan udara dan mata

1. Chrysanthemum atau Garden Mums atau Bunga Krisan

tanaman hias dalam ruangan, bunga krisan

tanaman hias dalam ruangan, bunga krisan

Tanaman hias dalam ruangan pertama adalah garden mums. Berdasarkan penelitian NASA bahwa tanaman krisan merupakan tanaman pembersih udara yang terbaik dan mereka telah membuktikan bahwa bunga krisan bisa menyerap amonia, benzena, formalin dan xylene dari udara ruangan yang mereka tinggali.

Cara merawat tanaman ini sebaiknya di tanam di luar rangan sampai bunganya mekar, lalu setelah itu baru dapat di simpan dalam ruangan agar tidak layu. Tentunya tanaman hias dalam ruangan ini akan menyejukkan matamu juga

2. Tanaman hias Laba-laba/ Spider Plant atau Chlorophytum comosum

 

tanaman hias dalam ruangan, Spider Plant

tanaman hias indoor cantik, Spider Plant

Tanaman hias dalam ruangan berikutnya adalah Ini adalah species tanaman yang mendapat julukan si-tahan mati. Ya sesuai namanya, tanaman ini akan tetap hidup walaupun anda tidak mengurusnya serta tidak membutuhkan sinar matahari langsung, oleh sebab itu sangat cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Tanaman ini juga merupakan tanaman penyaring udara yang baik. Tanaman laba-laba ini dapat melawan zat berbahaya di udara seperti benzena, formalin, karbon monoksida dan xylene. Tanaman ini aman untuk anak-anak ataupun peliharaan hewan anda.

3. Boston Ferns

tanaman hias dalam ruangan, boston ferns

tanaman hias indoor cantik, boston ferns

Tanaman hias dalam ruangan berikutnya adalah Ferns. Ferns ini tumbuhan jenis pakis atau paku. Tanaman ini sudah ada sejak zaman prasejarah. Ferns terkenal dengan kehalusan daun nya apabila di sentuh dan bisa membersihkan udara dari polusi seperti toluena dan xylene atau xylol yang bisa menjadi penyebab kanker.

Lain dari itu boston ferns juga dikenal sebagai tumbuhan yang dapat menyerap dan menyaring formalin dari udara.
Cara merawat tumbuhan baiknya bila di siram tiap hari, tapi tergantung juga dari kelembaban ruangan anda, bila ruangan anda ber-AC atau cukup lembab, basahi sedikit saja daunnya setiap hari. Fern jenis lain yang dikenal bagus untuk menyerap formalin yaitu Kimberley Queen, species ini daunnya lebih besar dan lebar dari Boston Ferns.

4. Schefflera atau Tanaman Payung/ Umbrella Plants

tanaman hias dalam ruangan, Schefflera atau Umbrella Plant

tanaman hias dalam ruangan, Schefflera atau Umbrella Plant

Tanaman hias Schefflera cukup mudah dikenali karena daunnya sangat berkilau,berbentuk oval dan terlihat kokok. Bahkan jika dilihat sekilas tumbuhan ini seperti tanaman palsu/ buatan. Tanaman payung ini sangat tahan banting dan berumur panjang, oleh sebab itu Schefflera banyak dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Selain sedap dipandang mata, tanaman ini juga dapat menyaring racun di udara dengan baik.

Tanaman payung ini adalah tanaman hias dalam ruangan terbaik, dikarenakan dapat menahan dingin dengan cukup baik dan bertahan dengan pencahayaan yang sangat sedikit. Di musim panas anda hanya perlu menyiramnya seminggu sekali, sedangkan di musim dingin setiap dua minggu sekali siram saja sudah cukup. disarankan di musim panas tambahkan pupuk cair ke air setengah dosis yang dianjurkan, sekali setiap dua minggu. mudahkan merawat tanaman hias indoor ini?

5. Reed Palm/ Bamboo Palm atau Chamaedorea sefritzii

tanaman hias dalam ruangan, bamboo palm

tanaman hias dalam ruangan, bamboo palm

Tanaman ini memang meiliki bunga dan buah yang kecil. Tapi jangan salah, kemampuannya sebagai tanaman penyaring udara sangat baik, untuk menyaring benzene, formalin dan trichloroethylene juga sangat tangguh. Reed palm sebaiknya ditempatkan di dekat furnitur kayu untuk menyerap racun dari cat.

Uniknya, banyak mitos mengenai tanaman hias ini. Bamboo dipercaya menarik kebahagian dan kesehatan, bahkan membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Tapi hati-hati ya jangan mudah percaya dengan mitos. jika anda sering mengalami depresi atau stress reed palm cocok untuk meredakan stress anda dengan bentuknya yang mungil.

6. Peace Lily atau Spathiphyllum

tanaman hias dalam ruangan, peace lily

tanaman hias indoor cantik, peace lily

Jangan terkecoh dari namanya lily. Bunga ini bukan spesies dari bunga lily, tetapi dari ordo/ keluarga berbeda. Hebatnya Peace lily ini merupakan tanaman hias yang dapat berbunga di dalam ruangan. Bukan itu saja, tanaman hias ini kuat dalam menyaring formalin, dan juga zat benzena serta zat VOCS tertentu yang di keluarkan dari produk cat ataupun pembersih ruangan. Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik meskipun kekurangan cahaya

Tapi berhati-hati lah karena di balik keindahannya yang mempesona, ternyata peace lily beracun. jika di pegang akan menimbulkan iritasi kulit dan menimbulkan sakit kepala apabila di makan. Apabila ada hewan peliharaan atau anak-anak di rumah anda, sebaiknya jangan menanam bunga ini. Bunga ini hanya cocok di kantor saja.

7. Basil/ Selasih atau Cemangi

tanaman hias dalam ruangan, basil atau cemangi

tanaman hias dalam ruangan, basil atau cemangi

Di indonesia spesies basil umumnya hanya dijadikan sebagai bumbu masakan. Biasanya ukurannya lebih daripada basil yang ada di eropa. Tanaman Basil sangat populer di eropa, bahkan telah menjadi bumbu tambahan pada Pizza dan Spagetthi khas dari Italia.

Ada mitos yang mengatakan bahwa cemangi/ basil memberi cinta, gairah, kemakmuran, keberuntungan dan kecantikan bila di tanam di dalam ruangan. Tumbuhan ini juga dikenal bisa diapakai sebagai anti depresan, anti septik, dan anti bakteri.

8. Dendrobium/ Anggrek atau Phaeleonopsis Orchids

tanaman hias dalam ruangan, Phaeleonopsis Orchids

tanaman hias indoor cantik, Phaeleonopsis Orchids

Angggek terkenal dengan reputasi buruknya karena sangat sulit untuk di pelihara. Sudah banyak orang yang yang gagal memelihara anggrek justru karena mereka sangat perhatian pada tanaman mereka, terlalu banyak disiram dan juga terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung.

Sebenarnya anggrek/ orchids lebih baik dibiarkan saja dan disiram apabila tanahnya memang kering. Anggrek juga dapat menjadi tanaman penyaring udara. Anggrek dapat menyaring udara dari polusi xylene yang dikeluarkan dari pada lem dan cat sehingga tanaman ini sangat cocok menjadi kado pemberian bagi orang yang sedang renovasi rumah baru.

Uniknya, anggrek menghasilkan oksigen di malam hari, sangat cocok disimpan di kamar anda. jadi sangat cocok sebagai tanaman hias indoor di rumah.

Baca juga: 30 Tanaman Hias Bunga Terindah yang Mempercantik Rumahmu

9. Gerber Daisy atau Garbera jamesonii

tanaman hias dalam ruangan, Garbera jamesonii

tanaman hias indoor cantik, Garbera jamesonii

Salah satu tanaman hias dalam ruangan favorit pencinta tanaman hias. Tanaman ini berbunga sangat cantik dan cerah, sekilas berbentuk seperti bunga matahari. Kemampuannya sebagai tanaman penyaring udara juga sangat baik karena mampu menyerap trichloroethylene di udara, yang dihasilkan dari sabun cucian anda.

Tanaman ini sangat cocok disimpan di dalam kamar untuk membuat anda lebih ceria dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

10. Azalea atau Rhododendron Simsi

tanaman hias dalam ruangan, azalea

tanaman hias dalam ruangan, azalea

Tanaman hias indoor ini sangat baik sebagai tanam penyaring udara karena dapat melawan zat formalin di udara yang di hasilkan dari kayu furnitur rumah anda. Tetapi merawat tanam ini sebenanrnya cukup sulit.

Tanaman ini sangat cantik sebagai bonsai, bunganya yang lebat menjadi suguhan keindahan yang mahal. Simpan di tempat yang terkena cahaya matahari untuk pertumbuhan yang maksimal seperti dekat jendela.

Klik ke halaman berikutnya

Leave a Reply