Tanaman Hias Bunga Kamboja Jepang, Si Cantik yang Memukau

Tanaman hias bunga Kamboja Jepang (Adenium) sesungguhnya berbeda dengan bunga kamboja biasa yang sering kali ditemukan di daerah kuburan. Bunga kamboja jepang sesungguhnya mempunyai nama asli Adenium. Bunga kamboja jepang bukan berasal dari jepang melainkan dari daerah kering yaitu Asia Barat dan Afrika.

Perbedaan Kamboja Jepang dan Kamboja biasa

Adenium atau Bunga Kamboja Jepang merupakan sanak saudara dari Plumeria (kamboja bisa/kuburan), tetapi terdapat beberapa perbedaan di dalamnya yaitu pada Adenium mempunyai bentuk batang yang besar dengan bagian akar menyerupai umbi. Sedangkan bagian tanaman lainnya cenderung kecil.

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Hydrangea yang Bisa Berubah Warna

Sedangkan Kamboja biasa/ Plumeria mempunyai bentuk batang yang kecil dengan bagian akar yang normal tidak seperti umbi dengan bentuk tanaman bagian atas yang besar dan memanjang.

perbedaan tanaman hias kamboja jepang dengan kamboja biasa.

perbedaan tanaman hias kamboja jepang dengan kamboja biasa.

Ciri-ciri tanaman hias bunga Kamboja Jepang (Adenium)

Bentuk tanaman Bunga Kamboja Jepang

Tanaman hias bunga kamboja jepang berbatang lunak, tidak berkayu. Bagian dalam batang atau daging batang warnanya putih dan basah. Kulit batang warnanya hijau keputih-putihan, halus, setiap 2-3 cm terdapat mata tunas, dan bergetah.

Bentuk akar pada tanaman hias bunga kamboja jepang membesar seperti umbi. Akar tersebut fungsinya sebagai tempat menyimpan air pada waktu kekeringan. Dengan adanya umbi tersebut tanaman akan tetap hidup walaupun dilanda kekeringan berkepanjangan. Akar Bunga Kamboja Jepang sangat indah sebab muncul ke atas permukaan dan membentuk bermacam pola unik sehingga menyerupai tanaman bonsai.

Ada cara unik supaya bunga kamboja jepang bisa tumbuh lebih indah dan bersamaan. Caranya dengan cara memangkas mata tunas di bagian atas tanaman. Dengan cara tersebut akan menimbulkan daun-daun baru dan bunga akan timbul lebih indah secara serempak.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Kamboja dan Perawatannya

Daun Bunga Kamboja Jepang

Daun Bunga Kamboja Jepang berbentuk runcing, lonjong, kecil sampai besar. Sedangkan Bunga Kamboja Jepang mempunyai bentuk yang menyerupai terompet yang biasanya mempunyai 5 kelopak. Warna Bunga Kamboja Jepang bervariasi tergantung jenisnya.

Sekarang ini juga telah banyak para pencinta bunga yang mulai mengembangkan tanaman hias Bunga Kamboja Jepang dengan bentuk bunga yang lebih indah, bahkan jenis paling baru yang dihasilkan berbentuk menyerupai kelopak bunga mawar. Wow

Buah tanaman kamboja jepang

Buah kamboja jepang tumbuh secara berpasangan (dua buah), berada di ujung tunas. Buah berbentuk pipih panjang, warnanya hijau waktu masih muda dan kemudian berangsur-angsur berubah warna menjadi cokelat. Buah yang telah dewasa dapat mencapai panjang 15 -30 cm.

Biji tanaman kamboja jepang

Biji tanaman kamboja jepang berada di dalam buah. Satu buah tanaman ini bisa berisi antara 20 -40 biji, tergantung juga dengan besar kecilnya. Biji berukuran kecil mirip biji gabah dan berwarna cokelat muda. Bila dikupas, akan tampak isinya yang warnanya putih seperti nasi. Biji yang masih berkulit diselimuti bulu-bulu halus

Bunga tanaman hias Kamboja Jepang

Terdapat dua kelompok Bunga Kamboja Jepang yakni jenis asli dan jenis rekayasa melalui perkawinan silang dan sejenisnya. Terdapat dua jenis asli dari Bunga Kamboja Jepang yaitu:

  1. Bunga Kamboja Jepang Arabicum (Adenium Arabicum), mempunyai bentuk bongol yang besar dan terdapat banyak batang yang tumbuh dari bonggol tersebut. Bunganya kecil dengan kombinasi warna putih dan merah jambu.
  2. Bunga Kamboja Jepang Obesum (Adenium Obesum), mempunyai bentuk bonggol yang besar dan memanjang keatas. Terdapat percabangan pada batang bagian atas. Bunganya besar dengan paduan warna merah dan putih.
Tanaman hias kamboja jepang atau Adenium

Tanaman hias bunga kamboja jepang atau Adenium

Iklim yang baik bagi Bunga Kamboja Jepang

Tanaman kamboja jepang tumbuh jika ditanam di tempat terbuka dan mendapat sinar matahari yang cukup. Kebutuhan matahari yang dibutuhkan mulai 6- 9 jam/ hari. Sinar matahari berfungsi untuk pertumbuhan batang dan cabang lebih besar, membuat kokoh serta menimbulkan bunga (Anonimous, 2007).

Pada hakikatnya, tanaman ini bisa hidup pada suhu antara 15-45 derajat C. Suhu dibawah 15 derajat C tampak kurang baik bagi pertumbuhan adenium. Walaupun tahan hidup pada suhu relatif panas, pada suhu diatas 45 derajat C daun-daun akan ke ring dan rontok

Suhu perakaran optimal untuk perakaran stek berkisar antara 21 0 C sampai 27 0 C pada pagi dan siang hari dan 15 0 C di malam hari. Suhu yang terlalu tinggi bisa mendorong perkembangan tunas melampaui perkembangan perakara n dan menaikkan laju transpirasi (Hartman, 1983 dalam Elisabeth, 2004 ).

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Gloriosa yang Cantik dan Mahal

Tanah/ Media Tanam Bunga Kamboja Jepang

Berkat kemampuan adaptasinya yang bagus, kamboja jepang bisa tumbuh di semua lokasi. Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah yang suhunya hangat sampai di dataran tin ggi yang suhunya dingin, bahkan sampai ketinggian 1000 meter dpl. Tetapi, tanaman ini dapat tumbuh baik bila di pelihara di daerah tropis dengan ketinggian tempat di bawah 50 meter diatas permukaan laut.

Pada hakikatnya, seluruh campuran media tanam bagus jika sesuai dengan lingkungan dan cara pembudidayaannya. Cuma saja, media tanam yang baik bagi adenium yaitu dapat mengikat air dan udara sekaligus (porous namun bisa menyerap air), mensuplai unsur hara, dan tingkat keasaman (pH) berkisar 5,6 -6,5.

Leave a Reply