Tanaman Hias Bunga Gloriosa yang Cantik dan Mahal

Kembang sungsang (Gloriosa Superaba) adalah salah satu jenis dari enam spesies kembang sungsang yaitu Gloriosa simplex L, Gloriosa carsonii Baker, Gloriosa minor Rendir, Gloriosa virescens Lindl, Gloriosa baudii, Gloriosa plantiiloud dalam genus Gloriosa dan suku Colchicaceae. Tanaman hias bunga Gloriosa sudah tidak jarang ditemui karena popularitas bunga ini sudah sangat tinggi.

Tumbuhan ini dikatakan kembang sangsang sebab perhiasan bunga, putik dan benang sari, yang menunduk ke bawah sedangkan mahkota bunganya membalik ke atas sehingga kelihatan seperti sungsang atau terbalik dari morfologi bunga biasanya.

Di Indonesia, tanaman ini dikenal juga sebagai kembang jonggrang, kembang kuku macan (Jakarta), katongkat, mandalika (Bali), kembang sungsang (Sunda).

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Hydrangea yang Bisa Berubah Warna

Tanaman Bunga Gloriosa memiliki harga yang cukup mahal

Tanaman Bunga Gloriosa memiliki harga yang cukup mahal

Kembang sungsang berasal dari daerah tropis di benua Asia dan Afrika. Tanaman tersebut sangat menyenangi tempat terbuka yang terpapar sinar matahari penuh. Tanaman kembang sungsang tumbuh liar di semak belukar dan hutan jati. Tetapi kadang ditanam juga sebagai tanaman hias yang dirambatkan pada pagar.

Struktur Tanaman Bunga Gloriosa/ Kembang Sungsang

Akar Bunga Gloriosa/ Kembang Sungsang

Bunga Gloriosa mempunyai sistem perakaran serabut (radix aventicia), berwarna keabu-abuan.

Batang Bunga Gloriosa

Arah tumbuh bunga sunsang memanjat (scandens) dengan bantuan daun melilit. Bentuk batangnya bulat (teres), permuaan bantang rata (laevis) batang warnanya hijau.

Daun Gloriosa/ Kembang Sungsang

Daun Gloriosa superba merupakan daun tidak kompleks yang terdiri atas helaian daun (lamina) dan pelepah daun (vagina). Bangun daun bulat memanjang (oblongus), pangkal daun berbentuk jantung (cordatus), ujung daun sungut (aristatus), tulang daun melengkung (curvinervis), tepi daun rata (integer), duduk daun tersebar (folia sparsa). Daun tanaman merupakan daun berujung runcing dengan ujung lanset dan pangkal daunnya memeluk batang dengan tepi yang rata. Panjang daun mencapai 8-25 cm, lebar sekitar 1-4 cm dan warnanya hijau.

Bunga Tanaman Hias Gloriosa/ Kembang Sungsang

Kuncup bunga berbentuk bulat memanjang, bertangkai panjang dengan ujung runcing menghadap ke bawah. Jika mekar, bunga akan membalik ke atas. Bunga pada Gloriosa superba dari kuncup sampai mekar perubahan warnanya bereda beda.

Perhiasan bunga terdiri dari tenda bunga (perigonium) yang menyerupai mahkota sebanyak 6 tepal tersusun dalam dua lingkaran. Alat kelamin terdiri dari benangsari 6 buah, tangkai sari bebas tidak berlekatan, memiliki putik percabangan tiga, letak ovarium inferum, mempunyai carpellum 3, loculus 3, letak ovulum axilaris. Mahkota bunga berjumlah enam berbentuk keriting.

Bagian atas mahkota bunga berwarna merah sedangkan pangkalnya warnanya kuning kehijauan. Warna keseluruhan bunga lama kelamaan akan jadi merah dan tidak cepat layu. Buah tanaman berukuran panjang 4-5 cm, berbiji banyak dan warnanya merah oranye.

Budidaya Tanaman Hias Gloriosa/ Kembang Sungsang

Perbanyakan tanaman bisa dilakukan dengan biji atau rimpang atau Kembang Sungsang juga dapat dibiakkan dengan umbinya. Mencari bibit tanaman ini jauh lebih susah dibandingkan merawatnya.

Sebab begitu kita berhasil mendapatkan dan membiakkan bibitnya di halaman rumah kita, sesungguhnya tanaman ini tak terlalu rewel. Yang penting cukup sinar matahari dan curah hujan.

Bahkan di alam bebas tanpa pemeliharaan dan pemupukan khususpun dia tumbuh dengan bagus. Kita harus agak berhati-hati dalam menangani tanaman ini, sebab umbi dan buahnya beracun.

Baca Juga: 18 Jenis Tanaman Hias Bunga Kantung Semar

Harga Bunga Gloriosa/ Kembang Sungsang

Harga bunga sungsang sendiri di banderol mulai dari Rp.150.000 pertangkainya. Jika anda ingin berbisnis bunga, mungkin bunga sungsang ini bisa menjadi pilihan selain bisnis bunga mawar.

Harganya yang mahal karena bunganya yang cantik dan unik. Sesungguhnya tanpa bungapun tanaman ini sudah kelihatan cantik. Sebab daunnya sendiri telah indah mirip lukisan. Hijau berbentuk hati dengan ujung yang menggulung dan melengkung.

Leave a Reply