Manfaat Tanaman Hias Bunga Saffron, Penghias dan Rempah

Bunga Saffron asalnya dari bunga Crocus Sativus yang dalam bahasa Arab disebut Za’faran, dan orang Melayu menyebutnya kuma-kuma. Saffron Crocus sering mendapat julukan Vegetable Gold (Sayuran Emas), Gold of Dessert (Emas Padang Pasir), Spice King (Rajanya Bumbu), Spice Queen (Ratunya Bumbu), dan masih banyak julukan yang lain untuk tanaman hias bunga ini.

Setiap bunga Crocus ini mempunyai tiga kepala putik atau biasa disebut stigma. Bagian tangkai putik, tangkai yang menghubungkan antara kepala putik dan bagian dalam bunga ini yang disebut Saffron Crocus. Sebelum dikemas atau dipakai bagian tangkai ini pada umumnya dikeringkan terlebih dulu.

Saffron Crocus banyak dijumpai di Timur Tengah dan sebagian negara Eropa yang dekat dengan Timur Tengah, seperti India, Iran, Kashmir (lembah perbatasan India-Pakistan), Yunani, Italia, dan Spanyol.

Baca juga: Kenalan dengan 17th Century Tulip Bulb, Tanaman Hias Bunga yang Mahal

Keistimewaan Bunga Saffron

Bunga ini dapat dikatakan Istimewa sebab Secara fisik bunganya, bunga ini termasuk bunga yang mempunyai penampilan indah dan enak dipandang. Secara manfaat bunganya, bunga ini termasuk yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu

Tanaman his bunga Saffron Crocus begitu mahal dan banyak dicari oleh banyak orang sebab bunga ini banyak sekali manfaatnya dan itu telah menjadi rahasia umum. Mempunyai keindahan yang tidak dipunyai bunga lain itu salah satu kelebihannya lagi,bunganya yang menarik dan juga berkarakter memberikan ciri khas yang kuat pada bunga Saffron Crocus ini.

Tanaman hias bunga Saffron salah satu termahal di dunia karena manfaatnya yang banyak

Tanaman hias bunga Saffron salah satu termahal di dunia karena manfaatnya yang banyak

Satu hal lagi yang faktor yang membuat Saffron Crocus ini mahal yaitu sebab bersal dari tangkai putiknya, sebab jumlah putik pada bunga cuma sedikit maka tanaman ini menjadi salah satu rempah termahal di dunia. Dalam satu bunga, cuma mempunyai 3 putik saja.

Manfaat Bunga Saffron Crocus

Setidaknya ada 3 Manfaat bunga Saffron Crocus bagi kehidupan manusia, yaitu:

1. Manfaat Bunga Saffron Crocus untuk Bahan Makanan

Saffron Crocus merupakan bahan yang kerap dipakai dalam makanan sebagai bumbu. Yang paling sering ditemui ialah pemakaian Saffron Crocus pada Nasi Briyani, makanan khas India. Warna kuning yang muncul pada Nasi Briyani yang asli bukan berasal dari kunyit, tetapi dari Saffron Crocus.

Saffron Crocus pun memberi rasa khusus pada Nasi Briyani tersebut yang memberi ciri khas. Kian banyak pemakaian Saffron Crocus pada makanan akan memberikan warna yang kian gelap. Dengan kadar yang terlalu banyak pun akan memberikan rasa pahit pada makanan.

Bila kamu penasaran seperti apa rasa rempah termahal ini? Saffron mempunyai rasa sedikit pahit di lidah dan aromanya legit. Oleh sebab itu menanamnya barangkali akan jauh lebih efektif. Selain mengirit pengeluaran, juga dapat merasakan bagaimana rasanya memelihara tanaman hias bunga yang tergolong kedalam kategori tanaman termahal di dunia. Tentu akan sangat menyenangkan dan membanggakan.

2. Manfaat Bunga Saffron untuk Kesehatan.

Saffron Crocus mempunyai banyak kandungan zat yang bersifat Antikarsinogenik yang berfungsi mencegah kanker, Antioksidan yang berfungsi mencegah radikal bebas, dan Antimutagenik yang berfungsi mencegah mutasi gen.

Saffron Crocus mengandung beragam nutrisi seperti serat, protein, vitamin A (karotene), B, dan C, selenium, kalium, magnesium, zinc, natrium, fosofor dan asam folat.

Saffron Crocus mempunyai khasiat yang bisa mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan syaraf seperti Parkinson dan Alzheimer. manfaat lainnya yaitu menjaga fungsi organ-organ dalam tubuh, menjaga kelancaran aliran dan tekanan darah dan kolesterol, menaikkan stamina, mengobati sembelit, menaikkan kesehatan mata, menaikkan hormon kesuburan, mengobati depresi, mengurangi risiko penyakit jantung, melancarkan haid, dan menambah kemampuan ingat.

3. Bunga Saffron Crocus Sebagai Parfum.

Saffron Crocus mempunyai harum flora yang khas dan natural, yang bisa memberikan ketenangan pada pikiran dan dapat membuat orang yang mencium wanginya menjadi lebih relaks. Orang-orang di Timur Tengah telah lama memakai Saffron Crocus ke dalam campuran wewangian mereka. Konon orang yang sedang sakit kepala saat mencium harum Saffron Crocus ini dapat reda sakitnya.

Harga Bunga Saffron

Bila melihat banyaknya manfaat Saffron Crocus, mengapa kita tidak memakai Saffron Crocus saja dalam kebutuhan kita setiap hari? Bisa banget dan sangat disarankan. Tetapi butuh dana besar bila kita menginginkan Saffron Crocus masuk ke dalam daftar belanja bulanan kita.

Berapa harga per-Kg Saffron Crocus? Harga 1 kg Saffron Crocus itu sekitar 10-12 juta rupiah

Mengapa begitu mahal? Karena dalam 1 tangkai bunga Crocus Sativus cuma menghasilkan 3 tangkai Saffron Crocus, dan itupun harus masih harus diseleksi kualitasnya.

Dan yang memproduksi Saffron Crocus dalam jumlah besar di dunia cuma beberapa negara di Timur Tengah dan beberapa negara Eropa yang dekat dengan Timur Tengah yang telah disebutkan diatas tadi.

Bila kita tinggal di Indonesia, coba pikirkan saja, harga Saffron Crocusnya itu sendiri telah mahal dari sononya, belum ditambah biaya packing khusus supaya warna dan bau Saffron Crocus tidak lenyap, belum lagi biaya impornya.

Baca juga: Tips Menanam Tanaman Hias Bunga Lily of the Valley

Jadi nih, bila ada produk, baik itu obat, makanan, atau minyak harum yang salah satu kandungannya ialah Saffron Crocus, wajib dan layak untuk dicoba. Kapan lagi ada kesempatan untuk mencoba produk yang diisi oleh salah satu bahan baku termahal dalam dunia. Pastinya produk tersebut juga memberikan rasa, warna, dan bau yang khas, yang tidak ditemukan pada produk-produk lain yang tidak memakai Saffron Crocus.

Bagaimana, tertarik menanam bunga saffron?

Leave a Reply