9 Cara Merawat Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga – Bingung dengan bunga anggrek yang tak kunjung muncul? Mau tahu cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga? Banyak penanam anggrek yang mengeluhkan hal tersebut, dan bukan anda saja. Agar tidak bingung cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga simak artikel berikut ini.

Anggrek (latin: Orchidaceae) termasuk dalam keluarga tanaman hias bunga. Anggrek bisa terdapat pada hutan yang gelap, pada batu karang yang terjal, di lereng yang terbuka, pada bebatuan didaerah pantai dengan garis pasang surut yang tinggi.

Bahkan di tepi gurun pasir pun anggrek bisa ditemukan. Tumbuh dari kutub utara hingga daerah katulistiwa dan selatan pada semua benua kecuali Antartika. Anggrek yang banyak digemari ialah anggrek epifit dari daerah tropis.

Jenis bunga anggrek

Anggrek memiliki lebih banyak jenis (species) nya ketimbang keluarga tanaman bunga-bungaan lainnya. Para peneliti tumbuhan berkeyakinan anggrek memiliki lebih dari 25.000 species yang tersebar di semua dunia. Namun sebab kerusakan hutan kita kehilangan species yang belum dikenali dan tidak tahu dengan pasti berapa jumlahnya.

Indonesia terkenal dengan kekayaan anggreknya yang memiliki lebih dari 4000 species anggrek yang tersebar di hampir seluruh pulau. Kalimantan, Papua, Sumatera, Jawa termasuk pulau-pulau yang terkenal didunia akan kekayaan anggreknya. Jenis yang banyak tumbuh mencakup : Vanda, Phalaenopsis, Coelogyne, Cymbidium, Paphiopedilum, Dendrobium, Bulbophyllum, dll.

Baca juga: Prospek Bisnis Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Menjanjikan

Anggrek yang paling terkenal dari Indonesia ialah “anggrek bulan” (latin: Phalaenopsis amabilis) yang dijadikan sebagai “Bunga Nasional” dan mendapat julukan sebagai “puspa pesona”, dan “anggrek kantung” (latin: Paphiopedilum javanicum).

Kekayaan dan keragaman spesies anggrek itulah potensi ekspor bagi Indonesia. Bahkan, spesies tertentu seperti jenis Dendrobium, di Indonesia terapat setengah dari 1.800 jenis tersebut. Sekitar 90 persen induk jenis Dendrobium yang dikembangbiakkan oleh para pembudidaya anggrek berasal dari Indonesia.

cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga wajib anda ketahui agar hasilnya maksimal

cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga wajib anda ketahui agar hasilnya maksimal

Tips dan cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga

Pada hakikatnya ada beberapa keadaan optimal yang mengakibatkan anggrek bisa tumbuh dengan baik. Ini lah yang harus dioptimalkan supaya anggrek rajin berbunga. Keadaan tersebut berhubungan dengan cahaya matahari, suhu, angin, dan air.

Tips merawat bunga anggrek agar cepat berbunga

Cahaya Matahari.

Tips pertama cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga ialah cahaya matahari. Cahaya matahari sangatlah penting bagi pertumbuhan anggrek. Cahaya matahari sebagai sumber energi yang berguna dalam fotosintesis. Fotosintesis sendiri akan menghasilkan energi yang berguna bagi semua kehidupan anggrek, baik unyuk tumbuh ataupun membentuk daun, bunga, dan biji. Selain itu, cahaya matahari juga berfungsi dalam membentuk atau memperbaiki bagian tanaman yang rusak dan menyimpan cadangan makanan. Jumlah dan intensistas sinar matahari yang dibutuhkan tanaman hias anggrek berbeda-beda, bergantung pada jenis anggreknya.

Ketinggian tempat.

Tips kedua cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga ialah ketinggian tempatnya. Umumnya anggrek tumbuh dengan baik di daerah tropis. Walaupun demikian, ketinggian tempat tumbuhnya, anggrek dibagi menjadi 3 golongan, yaitu:

  1. Anggrek yang tumbuh baik di dataran tinggi dengan ketinggian 1.001 m dpl (dari permukaan laut) dengan suhu di siang hari 18-21° C dan di malam hari 13-18° C. anggrek yang tmbuh baik di dataran tinggi ialah Cymbidium, Miltonia, dan Paphiopedilum.
  2. Anggrek yang tumbuh baik di dataran sedang dengan ketinggian 501-1000 m dpl dengan suhu di siang hari 29-32° C dan di siang hari 19-21° C. contoh anggrek yang tumbuh baik di dataran sedang ini merupakan Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis, dan Onchidium.
  3. Anggrek yang tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian sampai 500 m dpl dengan suhu di siang hari 34-38°C. anggrek jenis ini diataranya yaitu Arachnis, Renanthera, dan Vanda.

Sirkulasi udara.

Tips ketiga cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga ialah sirkulasi udaranya perlu diperhatikan. Anggrek memerlukan sirkulasi udara yang baik. Udara yang baik untuk pertumbuhan anggrek ialah udara yang berembus lembut secara terus-menerus atau angina sepoi-sepoi. Sirkulasi atau aliran udara yang terus-menerus ini berfungsi untuk pergantian udara pada permukaan daun dan akar. Sirkulasi udara yang terlalu kencang bisa menyebabkan dehidrasi sebab air pada permukaan daun dan akar mudah terbawa hembusan udara. Sebaliknya, bila udara tidak berhembus, proses respirasi dan fotosintesis tidak berjalan dengan optimal.

Kelembapan Udara.

Tips keempat cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga ialah perhatikan kelembaban udaranya. Kelembapan yang terbaik bagi pertumbuhan anggrek tidak kurang dari 70%. Pada tingkat kelembapan udara sekitar 50%, anggrek bisa tumbuh dengan cukup bagus, namun tidak sebaik pada kelembapan 70%. Kelembaban tinggi bukan berarti anggrek akan gampang terkena penyakit, seperti penyakit busuk daun dan busuk tunas. Di alam, saat terjadi hujan, tanaman hias anggrek akan basah, namun 2 jam kemudian kering kembali. Ini mengindikasikan bahwa tanaman hias anggrek tidak menyenangi kondisi yang becek dan banyak air.

Fotoperioditas.

Tips kelima cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga ialah fotoperioditas. Fotoperioditas ialah waktu pencahayaan matahari terhadap tanaman hias anggrek. Munculnya bunga anggrek salah satunya dipengaruhi oleh fotoperioditas ini. Lama atau cepatnya pencahayaan terhadap tanaman hias anggrek akan berdampak terhadap sintesis hormon florigen (hormon tumbuh yang memicu pembentukan bakal bunga). Saat periode gelap lebih lama ketimbang terang, sintesis hormon florigen lebih banyak dan bakal tanaman anggrek akan tumbuh lebih cepat.

Faktor Genetis.

Tips keenam cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga ialah pilih anggrek dengan genetika yang bagus. Pertumbuhan anggrek juga amat ditentukan oleh faktor genetis. Faktor genetis yaitu faktor yang diturunkan oleh induk anggrek kepada anaknya. Faktor genetis ini yang membedakan antar jenis anggrek. Ada anggrek yang rajin berbunga, malas berbunga, berbunga besar, atau berbunga kecil, tumbuh tinggi, pendek, berdaun banyak, dan ada juga berdaun sedikit. Faktor genetis tanaman hias anggrek dapat diperbaiki dengan cara persilangan antar jenis

baca juga: 4 Tips dan Cara Menanam Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga

Bagian paling penting dan paling menarik dari anggrek ialah bunganya, tetapi sayang kita selalu menjumpai bunga anggrek yang malas untuk berbunga. Apa ada yang salah?

cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga

kelembaban udara yang bagus salah satu cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga

Cara merawat bunga anggrek agar rajin berbunga bisa dikatakan mudah atau sulit sulit, tergantung pengalaman serta kedisiplinan. Untuk membuat anggrek yang rajin berbunga juga dibutuhkan unsur kasih sayang dari pemeliharanya.

Salah satu faktor yang paling penting supaya anggrek rajin berbunga ialah pemilihan bibit unggul anggrek. Beberapa sifat unggul dari anggrek ialah anggrek berbunga banyak, berbunga besar, bunganya berwarna cerah dan bunganya tahan lama.

Beberapa faktor yang harus diketahui pada cara merawat bunga anggrek agar rajin berbunga ialah:

  • Rumah lindung yang cocok. Anggrek harus ditaruh dalam rumah yang intensitas cahanya 50 – 70 %, maka atap dari rumah lindung harus diberi paranet.
  • Penyusunan anggrek. Supaya anggrek rajin berbunga juga harus diperhatikan penyusunan tanamannya, sebaiknya penyusunan rak-rak anggrek ditaruh datar dengan ketinggian 1 m dan jangan ditaruh berjenjang sebab akan mengganggu sirkulasi udara.
  • Kelembaban udara. Supaya anggrek rajin berbunga diperlukan kelembaban antara 60-80%. Supaya kelembaban tetap terjaga dibawah rak bisa dibikin kolam atau dibuat kabut didalam rumah lindung dengan cara pemasangan sprinkle.
  • Media tanam. Media tanam yang pasuntuk membuat anggrek rajin berbunga tersusun 2 bagian. 1/3 bagian bawah diisi dengan potongan batu bata dan 2/3 sisanya pake pakis.
  • Konstruksi pot. Pot juga amatmemengaruhi dalam tanaman hias anggrek supaya rajin berbunga. Yang paling ideal pot yang digunakan ialah pot yang terbuat dari tanah liat dan banyak lobangnya.
  • Supaya anggrek rajin berbunga sangat perlu diperhatikan masalah kandungan air dari medianya. Bila cuaca panas dibutuhkan penyiraman 2 kali dan bila cuaca hujan tidak harus melalukan penyiraman. Yang amat perlu diperhatikan ialah kadar air media. Waktu penyiraman yang pas ialah jam 07-09 pagi dan jam 03-05 sore.
  • Pemupukan supaya anggrek rajin berbunga yaitu dengan pemberian pupuk dengan kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan bisa diberikan melalui penyemprotan/ penyiraman bisa juga memakai pupuk slow rilis yang ditaburkan pada media tanam anggrek.
  • Pemberian ZPT atau Hormon. Untuk membuat anggrek rajin berbunga kadang dibutuhkanpemberian ZPT atau hormon. Yang dapat dipakai untuk memacu pembungaan anggrek ialah Bisa juga dipakai air kelapa dengan konsentrasi 15 % (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter)
  • Pengendalian hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit merupakan salah satu cara merawat bunga anggrek agar rajin berbunga. Anggrek juga takan luput dari serangan hama dan penyakit. Pengamatan tiap hari ialah cara paling tepat untuk mencegah serangan hama dan penyakit anggrek. Untuk membuat anggrek rajin berbunga tanaman hias anggrek harus dibersihkan dari kotoran, gulma dan daun-daun busuk. pemakaian insektisida bila terserang hama, fungisida bila terserang jamur dan bakterisida bila terserang bakteri.

Baca Juga: 6 Jenis Anggrek Tercantik dan Paling Terkenal

Itulah tadi cara merawat bunga anggrek agar rajin berbunga. Silahkan dipraktekkan. Semoga tulisan diatas bisa sedikit menambah pengetahuan para pecinta anggrek. Wassalam

Leave a Reply