Cara Menanam dan Merawat Bunga Asoka dengan Mudah

Bunga Asoka merupakan tanaman hias yang cukup terkenal di Indonesia khususnya dikalangan maniak tanaman hias. Makanya kamu juga perlu mengetahui cara menanam bunga asoka dan cara merawatnya biar tidk ketinggalan.

Di Negara kita sendiri dikenal 2 jenis bunga asoka, yaitu pohon asoka yang tumbuh tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang mempunyai ranting dan berdaun runcing.

Karena kian berkembangnya ilmu pengetahuan, jenis asoka hibrida sekarang ini sudah bermunculan dengan menghadirkan warna-warna bunga yang lebih bermacam-macam.

Pada umumnya tanaman ini dipakai untuk penghijaun ataupun tanaman hias. Orang-orang Eropa selalu menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan sebab warna bunganya yang cerah, nyentrik, serta mencolok seperti api.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning

 pahami cara merawat bunga asoka yang benar agar berbunga lebat

pahami cara merawat bunga asoka yang benar agar berbunga lebat

Konon katanya Asoka pertama kali ditemukan tumbuh liar di hutan.  Sebagai bunga, Asoka cukup terkenal dijadikan tanaman hias. Di Indonesia sendiri, cukup mudah menemukan Asoka tumbuh subur di pekarangan penduduk. Perawatan yang gampang serta tampilan bunganya yang indah membuat kita terpesona.

Penyebaran tanaman asoka ke segala penjuru Negara Indonesia tidak terlepas dari peran pendeta beragama Hindu yang membawanya ke Indonesia. Tanaman Hias Bunga Asoka sendiri erat dengan kepercayaan umat Hindu yang mana bunga ini adalah simbol hidup bersuka hati, sehingga sering dipakai sebagai sesajen sebagai persembahan pada dewa Wisnu dan Siwa.

Ciri-ciri Bunga Asoka

Dari tampilan fisik, bunga Asoka mempunyai ciri-ciri diataranya yaitu:

  • Berbatang tegak dan pohonnya berkayu bulat. Sistem percabangannya simpodial dan warnanya putih krem.
  • Bunga asoka bisa dijumpai dalam berbagai warna diataranya yaitu merah muda, merah terang sampai oranye.
  • Bagian daun Asoka cenderung lonjong dengan bagian pangkal meruncing. Daun ini bersifat tunggal dan pertulangannya menyirip
  • Akar bunga asoka bersifat tunggang, warnanya kecoklatan.
  • Bunga ini bersifat majemuk, berkelamin dua dengan kelompak serupa corong. Benang sarinya berjumlah empat dan bagian kepala sarinya melekat di bagian mahkota.

Cara Menanam Bunga Asoka

Agar mendapatkan bibit tanaman bunga soka bisa diperoleh dengan cara vegetatif. Kamu dapat mengambil bagian batang pohon asoka yang telah berusia kemudian dijadikan sebagai bibit tanaman. Pilih rampalan yang memiliki setidaknya panjang 15 cm.

Kemudian setelah itu tancapkan rampalan ini pada media semai yang berada dalam iklim tidak kering dan teduh. Tujuanya supaya batang yang dipakai sebagai bit cepat mengeluarkan akar dan tumbuh tunas baru. Hal ini akan mempermudah Anda saat akan menanam bunga ini.

Sesudah bibit telah mulai mengeluarkan akar, langkah berikutnya ialah proses penanaman. Namun sebelum menanam tanaman ini tentu perlu menyiapkan media tanam terlebih dulu. Media tanam bisa dibuat dari campuran tanah dengan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos).

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Gelombang Cinta

Campurlah kedua bahan di atas dengan perbandingan 1:1. Kamu dapat menggunakan media pot atau polybag, buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 5 sampai dengan 10 cm. Tanam bibit dengan kondisi tegak lurus, kemudian tutup lubang dengan tanah. Ratakan tanah sambil ditekan sedikit supaya dapat menahan tanaman supaya tidak miring. Sebaiknya saat proses menanam ini dilakukan waktu sore atau pagi ketika matahari tak terlalu terik.

pahami cara menanam bunga asoka di polybag agar tumbuh dengan subur

pahami cara menanam bunga asoka di polybag agar tumbuh dengan subur

Cara Merawat Bunga Asoka

  • Saat menyiram bunga asoka, pakailah air bersih yang tidak terkontaminasi zat kimia apapun supaya asoka bisa tumbuh secara sehat. Menyiramnya cukup dilakukan sekali dalam satu hari. kamu bisa memilih pagi atau sore hari.
  • Jumlah Pemberian pupuk yang diberikan pada asoka tergantung. Jika di tanam di dalam pot, berilah lebih banyak ketimbang asoka yang di tanam sebagai pagar hidup. Perbandingannya 2:3 lah
  • Sama halnya tanaman hias dengan batang kayu lainnya, asoka juga memerlukan pemangkasan pada batang-batangnya. Waktu yang tepat untuk memangkas batang-batang asoka ialah pada waktu asoka baru saja disiram dan diberi pupuk.
  • Terkadang, tanaman asoka juga memerlukan penyiangan untuk menghilangkan rumput-rumput liar yang tumbuh pada media tanamnya. Pastikan bunga asokamu terkena cahaya matahari pagi.
  • Berikan

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Nabati dengan Mudah dan Murah

Itulah info yang bisa kami berikan. maaf jika kurang jelas dan lengkap. Jika ada pertanyaan dan saran, silahkan berkomentar di bawah.

Leave a Reply