Cara Menanam Bunga Tapak Dara dengan Mudah

Bunga Tapak dara merupakan tanaman hias yang berasal dari  madagaskar, tetapi tanaman ini sudah menyebar ke banyak daerah tropis lainnya. Entah kenapa bunga yang satu ini dinamakan tapak dara.

Bunganya yang indah ini dikenal juga mengandung banyak khasiat bagi kesehatan. Pada akar, batang, daun dan biji bunga tapak dara mempunyai kandungan alkaloid yang bersifat antikanker.

Nama ilmiah tanaman hias bunga ini yaitu Catharanthus roseus (L.) Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan beragam nama, seperti pada disebut sindapor (Sulawesi), kembang tembaga (bahasa Sunda), dan kembang tapak dårå (bahasa Jawa). Orang Malaysia mengenalnya pula sebagai kemunting cina, pokok rumput jalang, pokok kembang sari cina, atau pokok ros pantai.

Di Filipina bunga ini diketahui sebagai tsitsirika, di Vietnam sebagai hoa hai dang, di Cina diketahui sebagai chang chun hua, di Inggris sebagai rose periwinkle, dan di Belanda sebagai soldaten bloem.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Asoka dengan Mudah

Cara menanam Bunga Tapak Dara

Bila bunga tapak dara ditanam pot kecil sebagai hiasan di kantor atau tempat kerja, maka kamu pun akan tetap perlu merawatnya, walaupun sebenarnya . Berikut tips merawat dan menanam tanaman hias bunga tapak dara diantaranya yaitu :

  1. Menggunakan sekam kayu dan air secukupnya. Tanaman bunga tapak dara yang masih baru diberi sekam kayu yang telah basah serta diberi air yang cukup. Mirip saat memananam jamur tiram. Jangan terlalu banyak terkena matahari sebab akan membuat bunga ini layu dan mati. Alangkah baiknya disiram setiap satu hari atau dua hari sekali.
  2. Menggunakan tempat atau wadah yang tidak terpakai dan kawat kecil. Tanaman hias bunga tapak dara dicabut sekalian dengan akarnya yang sehat. Berikutnya kamu masukkan tanaman bunga tapak dara tersebut ke dalam wadah yang berisi air secukupnya. Sistem penamanaman bunga ini dengan cara digantung. Dengan cara maka membutuhkan waktu 4 – 5 hari dalam penggantian air dalam wadah bunga. Dan pada umumnya berada di sekolah-sekolah atau kantor-kantor kecil lainnya.
  3. Berikutnya yaitu dengan menanam dengan cara hidroponik. Penanaman hidroponik ini merupakan penanaman dengan kerikil, tanah dan pasir serta air yang cukup. Penanaman ini pada umumnya dilakukan bila kamu tidak punya tanah atau lahan yang luas untuk menaman.

Cara peletakan bunga tapak dara jika anda menanamnya di pot, sebaiknya dengan cara di gantung. karena bunga ini juga sangat cocok dijadikan tanaman hias gantung

Penanaman bunga tapak dara ini pada umumnya dilakukan di dalam pot-pot besar. Tanaman ini tidak membtuhkan banyak perawatan, cukup dengan penyiraman air yang serta pengenaan sinar matahari. Penyiraman cukup dilakukan sehari sekali. Sebaiknyaa diberi pupuk secukupnya setiap satu minggu sekali.

Leave a Reply