Cara Menanam Bunga Kertas dan Perawatannya

Bougenville (Latin: Bougainvillea spectabilis) atau sering disebut Bunga Kertas merupakan bunga dalam family Nyctaginaceae. Bunga Bougenville disebut bunga kertas sebab bunga tersebut tipis tampak seperti kertas. Tanaman hias bunga ini tumbuh subur karena cara menanam bunga kertas cukup mudah dan merawatnya pun tidak sulit.

Daerah asal bunga ini yaitu Amerika Selatan. Keindahan tanaman ini berasal dari bunganya yang warnanya cerah dan menarik perhatian, sebab bunganya tumbuh dengan rimbun.

Bunga Kertas ini selalu ditanam di taman dan kawasan perumahan. Pada saat tanaman bougenville ini berbunga, tanaman hias ini memiliki kebiasaan merontokkan beberapa daunnya.

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Kamboja Jepang, Si Cantik yang Memukau

Cara Menanam Bunga Kertas agar cepat tumbuh (Bougenville)

Perbanyakan tumbuhan bougenville bisa dilakukan dengan setek batang, okulasi, cangkok, atau biji. Cara menanam bunga kertas yang bervariasi memudahkan kita untuk menanamnya.

Tanaman hias Bougenville dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Media tanam bunga kertas yaitu campuran tanah kebun, pasir, dan pupuk kandang

Proses Pembenihan

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan saat menanam tanaman hias bougenville yakni menyiapkan benih. Benih yang baik dan berkualitas dapat didapatkan dari indukan yang berkualitas pula.

Kamu sebaiknya memilih indukan yang telah tua dan matang, kemudian dilakukan pemotongan bunga dan dijemur ke tempat yang panas. Kemudian pisahkan biji dari bunga untuk dijadikan benih.

Proses Penyemaian

Sesudah biji dari bunga didapatkan dan sudah kering dengan sempurna, kamu dapat melanjutkan pada proses penyemaian. Proses penyemaian dilakukan pada media yang terbuat dari campuran tanah, kompos, dan pasir yang seimbang.

Proses penyemaian benih pada media berjalan selama 3 sampai 7 hari sampai benih tumbuh dan mempunyai daun. Proses Penanaman Sesudah benih melalui proses penyemaian dan tumbuh menjadi bibit bunga kertas, kamu bisa memindahkannya ke media tanam yang lebih besar.

Proses Pemindahan Bibit

Kamu dapat menggunakan media tanam pot atau langsung ditanam di taman atau pekarangan rumah. Pada waktu proses pemindahan bibit kamu perlu melakukannya secara hati-hati, jangan sampai merusak akar yang terdapat pada bibit yang bisa mengganggu pertumbuhan bunga.

Media tanam bunga kertas bisa berasal dari campuran tanah, pupuk, kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1, atau sama rata.

cara menanam bunga kertas tidaklah sulit. dan cara merawat bunga bougenville ini cukup mudah

cara menanam bunga kertas tidaklah sulit. Dan cara merawat bunga bougenville ini cukup mudah

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Gloriosa yang Cantik dan Mahal

Cara merawat bunga kertas agar cepat berbunga (bougenville)

Ada beberapa situasi yang harus diperhatikan ketika merawat tanaman ini. Supaya dapat hidup tahan lama dan cepat berbunga kamu perlu mengetahui cara merawat bunga kertas yang benar. Berikut beberapa tips merawat bunga bougenville:

1. Sesudah melalui proses penanaman, tindakan berikutnya yang perlu dilakukan yaitu perawatan untuk mendukung pertumbuhannya. Sama seperti tanaman lain, tanaman hias bunga kertas membutuhkan asupan air yang cukup. Oleh itu lakukan penyiraman secara teratur tiap hari saat pagi dan sore hari. Jangan sampai lupa pula lakukan pemberian pupuk setiap 2 pekan sekali, dan jangan sampai lupa potong tangkai yang mati dan mengganggu

2. Pembungaan pada bougenville dapat dirangsang dengan mengatur pemberian air. Biarkan tanaman bougenville hidup tanpa diberi air selama beberapa hari sampai daun-daunnya mulai gugur. Lalu berikan air dalam jumlah berlebihan sampai tanah menjadi jenuh. Perubahan mendadak itu akan menghasilkan kuncup bunga di semua cabangnya.

3. Bougenville membutuhkan pemangkasan teratur untuk mempertahankan bentuk yang cantik. Bougenville bisa muncul dalam warna merah, pink, orange, putih, biru, ungu dan kuning.

4. Penampilan bougenville mudah dikreasikan dengan teknik okulasi dengan menempelkan beberapa tunas pada satu tanaman induk. Sehingga bisa dijumpai beberapa jenis bunga dalam satu tanaman.

5. Duri bougenville sedikit mengandung racun. Bila bagian tubuh kita tergores olehnya, maka akan terasa pegal di sekitar kulit yang terluka selama beberapa lama namun rasa pegal itu akan hilang dengan sendirinya.

Dengan keindahan bunganya, tanaman Bougenville akan menambah keasrian rumah Kamu. Silahkan mencoba cara menanam bunga kertas ini di rumahmu. Ingat juga untuk merawat bunga bougenville yang kamu tanam ya.

Baca juga: Tips Menanam Tanaman Hias Bunga Lily of the Valley

Jika ada pertanyaan mengenai cara menanam bunga bougenville ataupun cara merawat bunga kertas ini, silahkan berkomentar dibawah.

Incoming search terms:

  • 5 cara mudah merawat bunga kertas tekoneko
  • cara menanam batang bunga kertas
  • kertas bisa berubah warna hias
  • standar operasional bunga kertas
  • tahapan/tahapan persiapan/pembudidayaan bunga kertas

Leave a Reply