6 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula Sekalipun

Tanaman hias yang mudah dirawat – Menanam tanaman hias merupakan aktifitas yang bisa dibilang gampang, bisa juga sulit. Mudah jika kamu sudah berpengalaman, terutama jika Kamu memilih tanaman hias bunga yang gampang perawatannya. Sedangkan keslitannya pada umumnya disebabkan anda kurang telaten mengurusnya.

Mungkin kesibukan atau sebab hal hal lainnya yang membuat anda tidak punya waktu untuk merawatnya. Dalam kesempatan saat ini kita akan pilihkan jenis tanaman hias yang mudah dirawat, khususnya jenis tanaman hias bunga.

6 Tanaman hias yang mudah dirawat

Secara garis besar sesungguhnya seluruh tanaman hias bunga tidak susah dalam menaman maupun merawatnya. Tetapi mungkin bagi Kamu yang baru menggeluti hobi ini masih bingung. Nah bagi kalian yang masih pemula sebaiknya mencobanya dengan daftar beberapa tanaman hias yang mudah dirawat berikut ini.

  1. Tanaman hias bunga Tapak Dara

Bunga Tapak Dara pada mulanya berasal dari daerah madagaskar, kemudian menyebar ke daerah-daerah tropis. Salah satu ciri khas dari tanaman ini yaitu pada daunnya yang tersusun menyirip berselingan berbentuk bulat layaknya sebutir telur. Bunga tapak dara lebih cocok hidup di daerah terbuka, namun bukan berarti tanaman ini sulit tumbuh di daerah terlindung dan tertutup pula.

bunga tapak dara merupakan tanaman hias yang gampang dirawat

bunga tapak dara merupakan tanaman hias yang gampang dirawat

Bunga tapak dara merupakan Tanaman hias yang mudah dirawat. Tidak harus perawatan secara khusus untuk merawat tanaman hias bunga tapak dara. Cukup diberi pupuk lalu disiram secara rutin maka bunga akan mekar dengan sendirinya.

Gunakan pupuk kandungan nitrogen tinggi pada saat awal pertumbuhan bunga tapak dara. Kemudian gunakan pupuk berfosfor tinggi jika tanaman ini mulai berbunga. Hal ini disarankan agar tanaman hias tapak dara dapat merangsang proses pembungaannya secara cepat dan lancar.

Baca Juga: 25 Tanaman Hias Dalam Ruangan Penyejuk Udara dan Mata

  1. Tanaman hias bunga Melati

Bunga melati juga masuk ke dalam daftar tanaman hias bunga yang gampang dirawat. Satu lagi keunggulan tanaman ini merupakan tahan terhadap hama. Melati termasuk jenis tanaman perdu yang tidak membutuhkan perawatan khusus.

Cuma yang mesti diperhatikan yaitu tanaman ini memerlukan cahaya matahari yang cukup. Jadi pastikanlah untuk menanamnya pada tempat yang terpapar sinar matahari. Perawatan lain yang dibutuhkan ialah saat tanaman ini telah besar. Dibutuhkan pemangkasan supaya tidak menjalar kemana mana, sehingga terlihat rapi dan cantik.

bunga melati juga merupakan tanaman hias yang gampang dirawat

bunga melati juga merupakan tanaman hias yang mudah dirawat

  1. Tanaman hias bunga Kemuning

Tanaman hias yang mudah dirawat berikutnya adalah bunga kemuning. Bunga Kemuning adalah salah satu tanaman hias yang memproduksi bau harum yang tajam, khususnya pada malam hari. Bunga yang bernama latin murraya paniculata ini merupakan hasil tiruan dari bunga melati yang tidak hanya sekedar harum, namun juga indah.

Selain digunakan untuk mengihiasi pekarangan yang berada di rumah, bunga kemuning biasanya juga dimanfaatkan pada saat acara perkawinan untuk mendukung daya tarik terhadap dekorasi.

Bunga Kemuning merupakan tanaman hias bunga yang gampang dirawat

Bunga Kemuning merupakan tanaman hias bunga yang gampang dirawat

Bunga kemuning cocok untuk di tanam pada bagian halaman depan rumah seperti taman dan teras. Karena pada hakikatnya tanaman hias ini sangat menyukai cahaya dari sinar matahari.

Sama seperti tanaman hias bunga pada umumnya, perawatan bunga kemuning hanya perlu diberikan pupuk lalu disiram sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, tanaman ini akan selalu sehat dan berbunga.

  1. Tanaman hias bunga Bougenville

Tanaman hias yang mudah dirawat berikutnya yaitu bunga bougenville. Bunga Bougenville salah satu bunga yang selalu kali dipakai sebagai penghias jalanan. Bougenville sering disebut sebagai bunga kertas karena memiliki kelopak yang seperti kertas. Bougenville berasal dari Amerika Selatan.

Tetapi, sekarang ini telah mudah menjumpainya di Indonesia karena tanaman hias bunga yang satu ini dapat dengan mudah berkembang di daerah yang beriklim tropis. Perawatannya pun cukup mudah, tak harus perlakuan khusus untuk menanamnya.

bunga bougenville juga merupakan tanaman hias yang gampang dirawat

bunga bougenville juga merupakan tanaman hias yang gampang dirawat

Duri bunga bougenville mengandung sedikit racun. meskipun tidak mematikan, tetapi jika bagian tubuh kita tergores durinya, maka akan terasa pegal di sekitar kulit yang terluka selama beberapa lama tetapi rasa pegal itu akan hilang dengan sendirinya.

  1. Tanaman hias bunga Amarilis

Amarilis juga merupakan salah satu tanaman hias yang gampang dirawat. Tanaman ini mempunyai varian warna bunga yang beragam warna. Amarilis akan tumbuh dengan bagus pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Media terbaik untuk menanam bunga Amarilis ialah di dalam pot.

Sebab bunga ini juga mempunyai khasiat untuk mengusir nyamuk, sehingga denga menanamnya di dalam pot Kamu bisa memindah mindah tanaman ini.

bunga amarilis juga merupakan tanaman hias yang gampang dirawat

bunga amarilis juga merupakan tanaman hias yang mudah dirawat

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Daun Cantik yang Cocok di Rumah

  1. tanaman hias bunga Lavender

Tanaman hias yang gampang dirawat terakhir adalah bunga lavender. Lavender adalah tanaman yang terbilang handal. Tidak rewel, dan tidak butuh macam-macam perawatan tambahan. Satu-satunya hal yang susah bagi tanaman ini yaitu musim dingin/ salju. Dan itu tak ada di Indonesia!! Jadi bisa dikatakan tanaman ini amat cocok di Indonesia.

Lavender adalah tumbuhan semak pendek, banyak memiliki cabang dan bisa tumbuh sampai mencapai ketinggian sekitar 60cm atau 24 inci. Batang tanaman ini umumnya berongga pada bagian batang bawah, bercabang, tegak, dan bertunas.

bunga lavender salah satu tanaman hias yang gampang dirawat

bunga lavender salah satu tanaman hias yang gampang dirawat

Lavender juga diketahui sebagai bunga nasional negara Portugal. Bunga ini dapat pula digunakan dalam memasak. Selain itu bunga Lavender juga menjadi saingan utama bunga geranium dalam mengusir nyamuk.

Kegunaannya akan makin meningkat ketika bunga ini dikeringkan. Beberapa tahun terakhir bunga lavender melejit menjadi tanaman hias bunga alternative manyarakat Indonesia.

Itulah tadi tanaman hias bunga yang mudah dirawat. Walaupun kalian pemula sekalipun, jika menanam 6 tanaman itu maka akan berbunga juga. Tidak perlu perawatan khusus, cukup penyiraman saja. Sekian informasi dari kami, silahkan mencoba menanam.

Incoming search terms:

  • bunga yg mudah hidup
  • tanaman hias yang mudah dirawat
  • tanaman yang mudah dirawat
  • bunga yang mudah dirawat
  • bunga hidup yang mudah hidup
  • bunga yg gampang dirawat dan cepat subur

Leave a Reply