6 Jenis Anggrek Tercantik dan Paling Terkenal

Bunga Anggrek (Orchid Flower) merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai verietas paling banyak. Baru di Indonesia saja ada sekitar 5000 jenis anggrek. Tanaman anggrek memang bisa tumbuh subur di Indonesia sebab merupakan kawasan dengan iklim tropis yang merupakan habitat alaminya. Tentu saja dari banyaknya anggrek yang tumbuh tersebut ada jenis anggrek tercantik dan paling terkenal

Tanaman anggrek kebanyakan tumbuh sebagai tumbuhan epifit. Anggrek merupakan tanaman hias bunga yang mempunyai keindahan yang berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya. sehingga maklum saja pencinta anggrek tersebar di semua belahan dunia.

Jenis Anggrek Tercantik dan Paling Terkenal

Tanaman Anggrek mempunyai beberapa jenis yang mempunyai tingkat kepopuleran yang tinggi di Indonesia. Bibit anggrek juga sekarang ini telah banyak dijual oleh toko tanaman di beberapa tempat. Sehingga mempermudah pecinta tanaman hias untuk membeli dan merawatnya.

Tetapi sebelum kamu membeli bunga anggrek baik itu anggrek yang telah berbunga ataupun bibit anggrek kami mempunyai rekomendasi jenis anggrek yang patut dibeli sebab keindahan dan ke eksotisannya. Beberapa jenis anggrek tercantik dan paling terkenal  adalah:

Jenis Anggrek Dendrobium

Jenis anggrek tercantik yang pertama ialah anggrek dendrobium. Anggrek ini termasuk salah satu yang banyak di budidayakan di Indonesia. Meskipun anggrek dendrobium mempunyai bunga yang indah dengan variasi dan memiliki gradiasi warna yang bermacam-macam, ternyata anggrek dendrobium mempunyai harga yang terbilang bersahabat dibandingkan anggrek bulan dan jenis yang lainnya.

varietas anggrek dendrobium

varietas anggrek dendrobium

Baca Juga: 9 Cara Merawat Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Anggrek jenis ini tersebar disemua hutan tropis di Indonesia. Sekarang ini anggrek dendrobium banyak diperbanyak dengan perkawinan silang untuk mendapatkan varietas yang lebih baik dan pastinya harga jual yang lebih tinggi.

Jenis Anggrek Macan/ Anggrek Tebu (Grammatophyllum scriptum)

Jenis anggrek tercantik berikutnya adalah Anggrek Macan. Anggrek Macan merupakan sebutan yang di berikan oleh orang Indonesia saja. Mungkin saja karena warnanya yang kuning belang-belang sehingga ini disebut Anggrek Macan.

variestas anggrek macan

variestas anggrek macan

Anggrek macan mempunyai bunga yang warnanya kuning dan cokelat sebagai motif tambahan. Anggrek yang satu ini mempunyai ketahanan hidup yang cukup bagus sama seperti anggrek bulan. Anggrek macan pada umumnya banyak ditanam dengan pot yang digantungkan di halaman ataupun di dinding rumah.

Jenis Anggrek Vanda

Dari sekian banyak anggrek yang ada, menurut pendapat saya anggrek vanda lah yang merupakan jenis anggrek tercantik dan mempunyai daya tarik yang amat tinggi sebab keindahan bunganya yang mempunyai warna yang indah. Keindahan akan anggrek vanda sudah diakui para pencinta tanaman hias baik di Indonesia ataupun mancanegara.

jenis anggrek vanda

jenis anggrek vanda

Dari 40 spesies anggrek vanda yang tersebar di Asia dan Australia, 20 species anggrek vanda berada di Indonesia. Sungguh karunia yang tuhan berikan kepada tanah Indonesia. Di Indonesia habitat asli anggrek vanda tersebar dari pulau sumatera, Jawa, sampai Papua.

Jenis Anggrek Bulan (Anggrek Phalaenopsis)

Anggrek bulan merupakan jenis anggrek tercantik juga dan digemari di Indonesia sebab keanggunannya. Anggrek bulan termasuk tanaman anggrek yang kerap berbunga. Anggrek yang satu ini juga amat tahan dengan berbagai keadaan lingkungan.

Tetapi bila anda menginginkan tanaman anggrek bulan mempunyai bunga yang indah, maka dibutuhkan perawatan yang sungguh-sungguh. Anggrek bulan sudah banyak di produksi dalam jumlah besar di dunia, salah satunya di Taiwan.

Baca Juga: Prospek Bisnis Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Menjanjikan

jenis anggrek tercantik, anggrek bulan

jenis anggrek tercantik, anggrek bulan

Tanaman anggrek di Taiwan diperbanyak melalui teknik meryclone sehingga mempunyai kualitas yang lebih unggul. Berikutnya anggrek bulan yang diproduksi di Taiwan di ekspor ke banyak Negara di seluruh dunia salah satunya tentu saja ke Indonesia.

Jenis Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya merupakan salah satu Anggrek yang hidup epifit. Anggrek ini diberi nama Cattleya oleh John Lindley di tahun 1824 sesudah Sir William Cattley berhasil membudidayakan spesimen Cattleya Labiata.

Jenis Anggrek tercantik ini biasa juga disebut dengan Queen of Orchid (Ratu Anggrek). Tidak semua Anggrek cattleya memiliki kemampuan berbunga yang bagus. Ada anggrek cattleya yang berbunga bagus, adapula yang sedikit.

varietas anggrek cattleya

varietas anggrek cattleya

Anggrek kattleya termasuk golongan anggrek yang pertumbuhan ujung-ujung batangnya terbatas atau berbatang simpodial. Apabila telah mencapai batas maksimal ukuran pertumbuhannya, anggrek ini akan kemudian membentuk rumpun dari tunas-tunas anakan

Jenis Anggrek Oncidium

Anggrek Oncidium merupakan salah satu species Anggrek yang berasal dari daratan Amerika dan dapat tumbuh pada iklim tropis dan subtropis. Anggrek oncidium terdiri atas sekitar 330 spesies anggrek yang tersebar dari wilayah Meksiko Utara, kepulauan Karibia, Florida Selatan hingga Amerika Selatan. Genus ini dideskripsikan pertama kali oleh Olof Swartz.

varietas anggrek oncidium

varietas anggrek oncidium

Anggrek Oncidium juga mendapat julukan Dancing Lady sebab bibir (labellum) mekar seperti baju gadis yang sedang menari. Anggrek oncidium biasanya tumbuh di daerah kering. kebutuhan cahaya anggrek oncidium ini cukup bervariasi. Biasanya, anggrek oncidium tahan lebih banyak cahaya yaitu sekitat 20%-60% cahaya.

Baca Juga: 4 Tips dan Cara Menanam Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan spesies anggrek oncidium diataranya yaitu  Oncidium Wild Cat ‘Rainbow’, Oncidium bobcat, Oncidium Sharry Baby, Oncidium Wild Cat, Oncidium Green Valley, Oncidium Golde Shower, Oncidium White Fiary, Oncidium Little Chery, Oncidium Jiuh Bao Gold, Oncidium Hawaian Sunset, Oncidium Milinium Gold, Oncidium Monarch, dan masih banyak yang lain.

Itulah tadi 6 jenis anggrek tercantik dan paling terkenal. Penilaian ini bersifat subjektif dan bisa saja berbeda dengan apa yang kalian pikirkan. Jika anda memiliki kritik, saran, atau tanggapan sialhkan berkomentar dibawah ya.

Leave a Reply