5 Tanaman Kaktus Hias yang Paling Cantik

Tanaman kaktus merupakan tanaman yang mempunyai duri pada batangnya dan buah yang unik. Kaktus sendiri biasanya digunakan sebagai tanaman kaktus hias ataupun bahan baku industri. Pertama kali Kaktus ditemukan di benua Amerika. Varietas kaktus terbanyak juga berasal dari Amerika.

Nama kaktus sendiri diambil dari bahasa yunani “Kaktoc” atau kaktus yang berarti tanaman liar berduri. Kaktus mempunyai habitat asli digurun. Kaktus merupakan tanaman jenis sukulen yang dapat menampung air dalam batangnya untuk bertahan hidup. Kaktus biasanya juga digunakan oleh industi sebagai bahan baku produk kecantikan dan kesehatan.

Tanaman Kaktus Hias

Sekarang ini kaktus sudah banyak dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias. Beberapa varietas kaktus memang dikenal mempunyai batang dan bunga yang unik. Bunga kaktus sendiri mempunyai bermacam-macam warna, tergantung dari varietasnya.

Popularitas tanaman kaktus hias di Indonesia telah. Tetapi kepopulerannya kian meningkat 5 tahun terakhir. Hal itu terbukti sekarang ini kian banyak para penjual serta pembudidaya tanaman kaktus hias ini. Beberapa jenis tanaman kaktus hias paling cantik diantaranya yaitu:

Kaktus Ariocarpus

Tanaman Kaktus hias pertama ialah kaktus jenis ariocarpus. Jenis kaktus yang satu ini adalah salah satu jenis yang paling unik di antara kaktus lainnya. Kaktus ariocarpus mempunyai bentuk daun yang membentuk prisma, daunnya pun mempunyai bentuk tersendiri.

jenis kaktus ariocarpus

jenis kaktus ariocarpus

Bentuk daun ariocarpus ada yang meruncing, melengkung dan tumpul. Jenis kaktus ini mempunyai daun yang indah dengan berbagai warna. Bunga ariocarpus mempunyai warna yang bermacam-macam seperti putih, merah, ungu, pink dan kuning. Keunikan lainnya dari ariocarpus yakni tidak punya duri pada batangnya.

Baca juga: 30 Tanaman Hias Bunga Terindah yang Mempercantik Rumahmu

Kaktus Golden Barrel

Tanaman kaktus hias berikutnya yaitu Golden Barrel. Kaktus golden barrel mempunyai bentuk seperti gentong besar di Negara asalnya Amerika. Di Meksiko dan texas kaktus jenis ini bisa mempunyai bentuk yang amat besar.

tanaman kaktus golden barrel

tanaman kaktus golden barrel

Meskipun kaktus jenis ini pada negara asalnya bisa mencapai bentuk yang amat besar berbeda dengan di Indonesia, bentuk kaktus golden barrel cuma dapat menyamai besar bola kaki. Meskipun begitu, kaktus jenis ini mempunyai penggemar yang fantastis dan rela membeli kaktus ini dengan harga tinggi.

Kaktus Echinofossulocactus

Kaktus yang namanya sangat sulit untuk disebutkan. Kaktus jenis ini mempunyai batang yang warnanya hijau tua dengan duri tajam yang berada di sekelilingnya. Pertumbuhan kaktus ini amat lambat hampir sama dengan jenis kaktus astrophytum.

kaktus hias echinofossulocactus

kaktus hias echinofossulocactus

Pertumbuhan kaktus ini memang lambat tetapi sesudah berusia 2,5-3 tahun kaktus ini telah bisa berbunga. Bunga kaktus jenis ini mempunyai keindahan dengan warna kuning dan putihnya. Cukup setara dengan waktu menunggunya berbunga kan?

Kaktus Astrophytum

Tanaman kaktus hias jenis ini mempunyai batang yang berbentuk menyerupai buah belimbing ataupun bintang. Untuk jenis kaktus Astrophytum sendiri diprediksi terdapat 100 jenis dalam dunia. Kaktus hias ini adalah jenis kaktus yang gampang berbunga. Bunga Astrophytum juga amat indah ada yang warnanya merah, merah jambu, kuning dan sebagainya.

tanaman kaktus hias astrophytum

tanaman kaktus hias astrophytum

Pada budidaya tanaman kaktus hias Astrophytum memang mempunyai kekurangan salah satu kekurangannya ialah pertumbuhan batang yang amat lambat. Sehingga apabila kamu berminat untuk merawat jenis kaktus ini dirumah, upayakan beli yang telah mempunyai diameter 5 cm letakkan pada tempat yang bersuhu tinggi. Supaya pertumbuhannya optimal jangan letakkan kaktus jenis ini dibawah sinar matahari langsung.

Kaktus Ferocactus

Tanaman kaktus hias jenis ini mempunyai karakteristik yang berbeda dari kaktus hias lainnya. bentuk kaktus ini bisa mencapai 50 cm dengan duri yang tajam dan kokoh yang menyelimutinya. Bila jenis kaktus lain memakai bunga sebagai daya tariknya, berbeda dengan kaktus ferocactus yang memakai duri yang tajam tersebut sebagai daya tariknya.

jenis kaktus ferocactus

jenis kaktus ferocactus

Ferocactus mempunyai duri yang tajam dan warnanya merah jambu. Bentuk batang kaktus ini dulat melekuk-lekuk. Supaya kaktus ini bisa mencapai besar maksimum upayakan kaktus ini selalu diberikan perawatan yang ekstra supaya dapat mempunyai bentuk yang sempurna.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Tahan Panas dan Mudah Dirawat

Itulah tadi 5 tanaman kaktus hias yang paling cantik. Penilaian tersebut berdasarkan informasi-informasi yang saya dapatkan dan penilaian subjektif sendiri dari saya sendiri.

Apakah ada dari kalian yang menanam kaktus hias? Jika ada, mungkin bisa berbagi informasi dengan kami di kolom komentar. Terima kasih 🙂

Incoming search terms:

  • kaktus hias
  • jenis jenis kaktus hias
  • jenis kaktus hias
  • Jenis kaktus yang cantik
  • Jenis kaktus yg tidak berbunga
  • tanaman kaktus liar

Leave a Reply