4 Tips dan Cara Menanam Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Cara menanam bunga anggrek beserta tipsnya– Anggrek merupakan tanaman hias yang bunganya sangat indah. Anggrek telah  dikenal manusia sejak 200 tahun lalu dan barulah sejak 50 tahun terakhir mulai dibudidayakan di Indonesia. Pusat tanaman anggrek di Eropa ialah Inggris, sedangkan di Asia ialah  Muangthai. Di Indonesia, anggrek banyak berada di Jawa Barat, Jawa Tengah,  Sumatera maupun di Irian Jaya.

Jenis bunga anggrek

Jenis anggrek yang berada di Indonesia termasuk jenis yang indah diataranya yaitu:

Vanda tricolor  (berada di Jawa Barat dan di Kaliurang), Vandahookeriana (warnanya ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatera), anggrek ralat atau  Dendrobium phalaenopsis, anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis, anggrek Paphiopedilun praestans,  dari Irian Jaya, serta anggrek  Paphiopedilun glaucophyllum yang berasal dari Jawa Tengah. Tanaman hias anggrek bisa dibedakan berdasarkan sifat hidupnya menjadi 3, yaitu:

  1. Anggrek Ephytis ialah jenis anggrek yang menumpang pada batang pohon lain namun tidak merusak atau merugikan yang ditumpangi. Alat yang digunakan  untuk menempel ialah akarnya, sedangkan akar yang fungsinya untuk  mencarri makanan ialah akar udara.
  2. Anggrek semi Ephytis ialah jenis anggrek yang menempel pada pohon atau tanaman lain tetapi tidak merusak yang ditumpangi, cuma akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk  berkembang.
  3. Anggrek Terrestris ialah jenis anggrek yang hidup di atas tanah. Anggrek jenis ini juga banyak dibudidayakan

Baca juga: Prospek Bisnis Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Menjanjikan

Tips dan Cara Menanam Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Tanaman hias anggrek bisa tumbuh di berbagai ketinggian tempat. Tanaman ini  bisa tumbuh mulai dari 0 sampai 5.000 m di atas permukaan air laut. Jenis  anggrek yang tumbuh pada dataran rendah (sekitar 0-300 m di atas permukaan laut)  diataranya yaitu Acampe praemorsa, Pholidota imbricata, Cymbidium aloifolium, dan Vanda roxburghii.

Sedangkan jenis anggrek dataran tinggi (ketinggian sekitar 3.500- 5.000 m di atas permukaan laut) diataranya yaitu  Bulbophyillum retusiusculum, Habenaria cumminsiana, Nervilia  macroglossa,  Pleione maculate, Herminium longilobatum,  dan sebagainya.

cara menanam bunga anggrek

cara menanam bunga anggrek agar cepat berbunga sanagt penting untuk diketahui

Struktur morfologi tanaman hias anggrek, terutama bunganya sangat menarik.  Tanaman ini adalah tanaman herba tahunan, yang tumbuh di beberapa  keadaan iklim yang bermacam-macam.

Jenis anggrek ada yang hidup di semak-semak atau  pohon-pohonan dan disebut sebagai anggrek liar, ada yang hidup di tanah atau yang disebut terestrial, ada yang hidup di batuan dan disebut  litofit, yang hidup di sisa-sisa  tanaman ialah epifit, sedangkan yang tumbuh di air seperti  Rhizanthella dan Cryptanthemis  dinamakan semiakuatik.

Tanaman hias anggrek tidak bersifat parasit,  sehingga tidak merugikan tanaman lainnya. Tanaman ini memenuhi kubutuhan  makanan untuk dirinya sendiri dari proses fotosintesis, dan malah tahan hidup berbulan-bulan meskipun tanpa perawatan.

Budidaya tanaman hias anggrek akan berhasil dengan baik jika lingkungan tumbuh alaminya  bisa terpenuhi. Faktor genetik merupakan faktor yang penting dalam  pertumbuhan dan pembungaan tanaman anggrek. Tetapi, faktor lingkungan juga ikut berperan menetukan kesuksesan budidaya tanaman hias bunga anggrek. Beberapa faktor lingkungan  yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman ini adalah temperatur, kelembapan dan sinar matahari

Secara garis besar bunga anggrek terbagi menjadi 3 jenis yaitu anggrek Epiphyt, Semi Epiphyt dan anggrek Terrestris atau anggrek tanah. Ketiga jenis anggrek tadi sudah kita bahas sebelumnya. Beberapa tips yang dapat saya berikan yaitu:

Tips Media Tanam Bunga Anggrek

Dalam budidaya tanaman hias anggrek anda perlu mengetahui media atau tempat untuk menanam bunga anggrek yang cocok sesuai dengan jenis anggrek itu. Budidaya anggrek sesungguhnya tidaklah terlalu sulit bagi orang awam, bahkan untuk menanam bunga anggrek Kamu tak perlu memakai pot, sebab tanaman anggrek dapat menempel pada tanaman lain. Untuk lebih baiknya pasti akan lebih maksimum jika memakai pot tersendiri.

Tips Tempat yang Bagus untuk Budidaya Tanaman hias anggrek

Selain memperhatikan media yang dipakai untuk menanam anggrek, Kamu harus memperhatikan tempat untuk menanam bunga anggrek tersebut.

Pilihlah tempat yang memiliki intensitas matahari yang cukup bagus, sebab pertumbuhan tanaman hias anggrek sangat terpengaruh dengan intensitas sinar matahari yang diterima. Upayakan untuk menyesuaikan jenis tanaman hias anggrek berdasarkan tingkat intensitas matahari yang diterima sehingga anggrek dapat tumbuh dengan maksimal.

cara menanam bunga anggrek yang benar

cara menanam bunga anggrek yang benar salah satunya dengan peletakan pot yang tepat

Berdasarkan tingkat kebutuhan intensitas cahayanya anggrek terbagi menjadi tiga jenis. Jenis pertama tanaman hias anggrek yang mesti terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok untuk dibudidayakan di area terbuka ialah anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.

Sedangkan jenis kedua ialah jenis anggrek yang dapat tumbuh baik di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok bagi keadaan ini merupakan anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium, atau anggrek Cattleya.

Untuk membudidayakan tanaman  anggrek jenis kedua ini Anda perlu mempunyai tempat yang khusus yang telah dirancang sedemikian rupa supaya bisa memaksimalkan pertumbuhan anggrek yang Kamu tanam.

Sedangkan jenis tanaman hias anggrek yang terakhir ialah anggrek yang tidak suka terpapar sinar matahari, sehingga Anda perlu menaruhkan tanaman ini pada lokasi yang teduh. Jika Kamu memiliki halaman rumah yang teduh, sebaiknya Kamu menanam jenis Anggrek Paphiopedilum dan anggrek Phalaenopsis.

Baca juga: 6 Jenis Anggrek Tercantik dan Paling Terkenal

Tips Ketinggian Pot Bunga Anggrek

Hal lain yang tidak kalah penting dalam budidaya tanaman hias anggrek yaitu ketinggian tempat untuk meletakkan pot anggrek. Teknik menanam berikutnya yaitu menanam anggrek menurut ketinggian tempat tanam. Berdasarkan ketinggian tempat tanam anggrek terbagi menjadi tiga jenis:

  • Ketinggian 1001 m dpl. JikaKamu tinggal di tempat dengan ketinggian 1001 m dpl jenis anggrek yang cocok bagi Kamu tanam ialah anggrek cymbidium dan anggrek miltonia.
  • Ketinggian 500 – 1000 m dpl. JikaKamu mau membudidayakan anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya Kamu perlu menempatkan tanaman ini di ketinggian 500 – 1000 m dpl.
  • Ketinggian 500 m dpl. Jenis ketiga ialahanggrek yang akan tumbuh secara maksimum jika ditempatkan pada ketinggian 500 m dpl. Salah satu contoh tanaman hias anggrek yang tumbuh pada ketinggian ini merupakan anggrek jenis  Arachnis dan Vanda. Selain ketinggian tempat tanam Kamu juga harus memperhatikan sirkulasi udara di tempat tersebut.

Lokasi yang bagus untuk pertumbuhan anggrek ialah tempat yang mempunyai angin sedikit. Hal lain yang mesti diperhatikan yakni kelembaban udaranya supaya tanaman anggrek dapat tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Tips Memilih Bibit Bunga Anggrek

Sebelum menanam bunga anggrek tentu saja Kamu perlu memilih bibit yang memiliki kualitas yang bagus. Pilihlah bibit yang siap untuk dibudidayakan pada umumnya bibit yang bagus yaitu bibit yang sudah berumur 1 tahun dan sudah mempunyai daun serta akar.

Bibit tersebut harus ditanam di plastik selama 3 bulan, sehabis itu barulah pindahkan ke dalam pot kecil (diameter 6 cm sampai 12 cm). Berikan sedikit pupuk organik selama proses pembibitan supaya pertumbuhan tanaman hias anggrek optimal. Seusai 3 bulan berada di pot kecil, barulah kamu bisa memindahkan anggrek ke dalam pot yang berukuran lebih besar.

Cara menanam bunga Anggrek di Pot atau Papan Pakis dengan Tepat

Ada dua cara menanam bunga anggrek, yaitu:

  1. Ditanam pada pot
  2. Ditempel pada pohon atau papan pakis.

Sesungguhnya kata para farmer Anggrek, menanam anggrek itu amat mudah dan sederhana, tetapi dibutuhkan kesabaran, ketelatenan dan fokus. Anda juga harus mengetahui cara menanam bunga anggrek agar cepat berbunga dan maksimal pertumbuhannya.

Nah yang paling penting pada penanaman anggrek menurut pendapat saya ialah perakaran Anggrek tidak rusak, apabila akarnya rusak dan busuk maka anggrek tak akan tumbuh dan berkembang dengan baik, tanaman tidak goyang dan drainase lancer.

Maka dari itu dalam penanaman anggrek di pot, di butuhkan pot yang banyak lubang di bawahnya dan peletakan pot anggrek harus betul untuk memberikan pertumbuhan tanaman hias yang bagus dan bunga yang indah.

Cara menanam bunga anggrek di pot.

Adapun perlengkapan yang diperlukan untuk menanam di pot yaitu:

  • Penanaman tanaman Anggrek di Pot Plastik, Pot Tanah atau Pot Semen.

Pot yang akan digunakan sebaiknya pot baru namun bisa pula memakai pot bekas tetapi harus dengan pembersihan terlebih dulu. Pot bekas pada umumnya ditumbuhi lumut, jamur bahkan mungkin bakteri. Dan mungkin pot sudah asam. Untuk itu harus dibersihkan sampai benar-benar bersih.

  • Tiang penahan batang tanaman hia anggrek.

Lebih baik dibuat dari kawat dengan diameter 2-4 mm. selain kokoh juga tahan lama. Fungsi dari tiang ini merupakan penyangga tanaman supaya tidak goyang saat penyiraman atau pemberian pupuk. Sehingga pertumbuhan akar tidak terganggu. Tiang penyangga ini dapat anda lepas jika tanaman telah menempel kuat pada pot.

  • Media tanam tanaman hias anggrek

Media tanam yang baik  untuk menanam anggrek yaitu, potongan pakis, arang kayu, sabut kelapa.

Cara menanam bunga anggrek dengan menggunakan Pot yaitu:

  1. Pasang tiang penahan hingga menyentuh dasar pot.
  2. Kemudian masukkan media arang kayu atau potongan atau bisa juga dengan sabut kelapa.
  3. Sehabis itu tanaman anggrek ditaruh diatas media dan akar diatur agar menyebar rata. Jangan sampai lupa batang tanaman diikat pada tiang penyangga tadi.
  4. Langkah terakhir, diatas akar ditambah media lagi secukupnya. Harus diingat, jangan sampai batang tanaman anggrek tertimbun oleh media tanam. Bagi yang menggunakanmedia pot plastik, pada bagian dasar pot isi pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya. bisa sampai 1/3 tinggi pot. Ini berguna untuk memperberat pot dan untuk penyaring.

Baca juga: 9 Cara Merawat Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Tips menanam bunga anggrek

Supaya anggrek mempunyai pertumbuhan yang sempurna dan mempunyai warna bunga yang cerah ada beberapa tips yang dapat anda lakukan.

cara menanam bunga anggrek

cara menanam bunga anggrek yang baik akan mengahsilakn bunga anggrek yang cantik

Akar bibit bunga anggrek

Seusai tiga bulan, pada umumnya akar akan mulai tumbuh dan biasanya sampai menyembul keluar dari tanah. Melihat kondisi ini mungkin Kamu akan langsung memasukan lagi akar yang menyembul tadi kedalam tanah. Tetapi, jangan lakukan hal tersebut, sebab justru akan membahayakan tanaman hias anggrek yang Kamu tanam. Sebaiknya yang mesti Kamu lakukan yaitu dengan memindahkan tanaman tersebut ke dalam pot yang ukurannya lebih besar.

Batang bunga anggrek

kadang tanaman hias anggrek mempunyai batang yang tinggi. Untuk menjaga batang tersebut supaya tidak mudah roboh, Kamu dapat menggunakan tiang penyangga pada batang. Tiang penyangga ini untuk memastikan bahwa batang anggrek tetap dapat berdiri tegak.

Menempatkan pada suhu yang tepat

Anggrek akan tumbuh dengan baik pada tempat yang memiliki suhu sekitar 14 derajat celcius sampai 36 derajat celcius. Bila Kamu dapat menjaga suhu secara rutin, Kamu dapat melihat anggrek yang Kamu tanam mengeluarkan bunga yang indah melampaui apa yang diinginkan.

Cara memindahkan anggrek

Jangan sekali-kali memindahkan tanaman hias anggrek secara sembarangan, sebelum mencabut bibit anggrek terlebih dulu siapkanlah pot baru yang akan dipakai sebagai tempat baru untuk anggrek. Sesudah pot baru sudah siap, barulah Kamu pindahkan tanaman anggrek ini.

Pastikanlah posisinya sempurna dan tambahkan sedikit media tanam lain seperti pakis cincang.  Sekian tips dan cara menanam bunga anggrek dari saya.

Bagi Kamu yang masih pemula dan mau mencoba membudidayakan tanaman hias anggrek disarankan untuk membudidayakan anggrek hitam atau anggrek bulan. Selamat mencoba dan mempraktekan cara menanam bunga anggrek. Wassalam

 

Leave a Reply