30 Tanaman Hias Bunga Terindah yang Mempercantik Rumahmu

21. Bunga Bougenville

Tanaman hias bunga terindah: Bunga Bougenville

Tanaman hias bunga terindah: Bunga Bougenville

Bunga Bougenville salah satu tanaman hias bunga yang sering kali digunakan sebagai penghias jalanan. Bougenville biasa disebut sebagai bunga kertas sebab mempunyai kelopak yang seperti kertas. Bougenville berasal dari Amerika Selatan.

Namun, saat ini sudah mudah menjumpainya di Indonesia sebab tanaman hias bunga yang satu ini bisa dengan gampang berkembang di daerah yang beriklim tropis. Perawatannya pun cukup gampang, tidak perlu perlakuan spesial untuk menanamnya.

Duri bunga bougenville mengandung sedikit racun. walaupun tidak mematikan, namun bila bagian tubuh kita tergores durinya, maka akan terasa pegal di sekitar kulit yang terluka selama beberapa lama namun rasa pegal itu akan hilang dengan sendirinya.

22. Bunga Asoka

Tanaman hias bunga cantik: Bunga Asoka Merah

Tanaman hias bunga cantik: Bunga Asoka Merah

Asoka ini sesungguhnya bukan bunga asli Indonesia. Namun bunga ini cukup tumbuh sumbur di Indonesia. Tidak sulit menemukan bunga ini. Biasanya bunga ini sering dimainkan anak-anak dan sangat aman. Bunga ini perawatannya cukup mudah.

Tanamannya dapat hidup dengan baik ditempat yang panas sekalipun. Tapi tumbuh dengan baik di tempat teduh. Ada jenis asoka yang bisa mempunyai bermacam-macam warna dalam satu pohon. Pastinya sangat cantik mempunya Bungan beragam warna seperti pelangi.

23. Bunga Kembang Sepatu

Tanaman hias bunga cantik: Bunga Kembang Sepatu

Tanaman hias bunga cantik: Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang sepatu ini bisa tumbuh dengan gampang pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Namun, terdapat satu persoalan, tanaman ini bisa tumbuh besar dan lebat. Jadi, penanaman kembang sepatu pada pot lebih disarankan, agar bisa dikendalikan pertumbuhan dan juga ukurannya.

Meskipun bernama kembang sepatu, tanaman hias bunga ini bentuknya tidak mirip sama sekali dengan sepatu. Kembang sepatu mempunyai nama latin Hibiscus rosasinensis, bila di daerah Melayu biasa disebut bunga raya, sedangkan di Jawa disebut worawari. Tanaman ini cukup popular dijadikan tanaman hias bunga.

24. Bunga Sakura

 

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Sakura Jepang

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Sakura Jepang

Bunga yang cukup populer di Indonesia tapi sayang hanya ada di jepang, Bunga Sakura. Bunga sakura ialah salah satu tanaman yang termasuk dalam familia Rosaceae, atau genus Prunus sejenis dengan pohon bunga persik, prem, atau aprikot, namun secara garis besar sakura digolongkan dalam subgenus sakura. Asal-usul kata “sakura” ialah kata “saku“yg artinya “mekar” dan ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra“. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms.

Warna bunga sakura bergantung pada spesiesnya, ada berbagai macam warna, yaituputih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda ataupun merah menyala. Pandangan orang Jepang sendiri, sakura merupakan simbol penting, yang sering kali dihubungkan dengan sisi feminisme, wanita, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk menggambarkan ikatan antar manusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura juga menjadi cerminan bahwa kehidupan yang tidak kekal.

25. Bunga Alamanda

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Alamanda

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Alamanda

Alamanda ialah salah satu tanaman hias bunga yang pemeliharaannya sangat mudah. Tanaman hias ini  daunnya tumbuh sangat cepat. Alamanda pada umumnya ditanam dalam pot supaya mudah untuk dipindahkan.  Alamanda yang terdapat di Indonesia yang paling populer ialah dari spesies Allamanda cathartica. Bunga ini biasa disebut sebagai bunga terompet emas (golden trumpet), atau bunga lonceng kuning.

Bunga alamanda banyak dijumpai di wilayah asalnya yaitu Amerika Tengah dan Selatan. Walaupun tidak punya bau harum, bunga ini memiliki warna kuning yang amat indah. Selain itu, ada pula beberapa jenis yang warna berbeda.

26. Bunga Amarilis

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Amarilis

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Amarilis

Bunga Amarilis ialah salah satu jenis tanaman hias bunga yang gampang berbunga dan mempunyai varian warna bunga beragam. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daerah yang tidak terkena panas matahari secara langsung.  Penggemar Bunga amarilis akan menanam bunga ini di sebuah pot.

Penanaman dalam pot tersebut bukannya asal-asalan, Bunga amarilis dipercaya dapat mengusir nyamuk atau serangga lain. Sehingga, ketika ditanam dalam sebuah pot, maka akan gampang untuk dipindahkan ke daerah lain.

27. Bunga Kenanga

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Kenanga

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Kenanga

Bunga Kenanga atau Cananga odorata merupakan salah satu tanaman hias bunga khas Indonesia. Terbukti nama bunga ini biasa dipakai sebagai nama tambahan pada anak. Bunga kenanga mempunyai nama ilmiah Cananga odorata dan ditetapkan menjadi tanaman khas Provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

Bunga kenanga mempuyai kelopak bunga yang warnanya kuning, meskipun awalnya warnanya hijau. Selain itu tanaman ini juga memiliki bau yang amat harum sehingga akan membuat suasana rumah anda menjadi lebih nyaman. Biasanya tanaman ini juga dipakai sebagai hiasan pada upacara-upacara adat atau pesta pernikahan.

28. Bunga Geranium

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Geranium

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Geranium

Bunga Gernium salah satu tanaman hias pengusir nyamuk. Sudah sering kita lihat iklan TV yang menampilkan sebuah produk berbahan bunga geranium ini. Tanaman hias yang satu ini amat cocok bagi dijadikan tanaman hias. Selain warnanya yang elok, wangi dari tanaman hias ini juga dapat mengusir nyamuk.

Supaya bisa mengirit tempat, anda dapat menanam Geranium dengan memakai pot kemudian menggantungnya. Warna merah muda dipadukan dengan putih menjadikan bunga ini amat sedap untuk dilihat.

29. Bunga Lavender

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Bunga Lavender

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Bunga Lavender

Lavender ialah tanaman yang terbilang handal. Tidak rewel, dan tidak butuh macam-macam perawatan tambahan. Satu-satunya hal yang sulit bagi tanaman ini yaitu musim dingin/ salju. Dan itu tidak ada di Indonesia!! Jadi bisa dibilang tanaman ini sangat cocok di Indonesia.

Lavender ialah tumbuhan semak pendek, banyak mempunyai cabang dan dapat tumbuh sampai mencapai ketinggian sekitar 60cm atau 24 inci. Batang tanaman ini umumnya berongga di bagian batang bawah, bercabang , tegak, dan bertunas.

Lavender juga diketahui sebagai bunga nasional negara Portugal. Bunga ini bisa pula dipakai dalam memasak. Selain itu bunga Lavender juga menjadi saingan utama bunga geranium dalam mengusir nyamuk. Kegunaannya akan kian meningkat ketika bunga ini dikeringkan. Beberapa tahun terakhir bunga lavender melejit menjadi tanaman hias bunga alternative masyarakat Indonesia karena Lavender juga bisa menjadi tanaman hias dalam ruangan.

30. Bunga Matahari (Sunflower)

Tanaman hias bunga terindah: Bunga Matahari (Sunflower)

Tanaman hias bunga terindah: Bunga Matahari (Sunflower)

Bunga matahari atau Helianthus annuus L. ialah tumbuhan semusim dari suku Asteraceae yang cukup populer, baik sebagai tanaman hias ataupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini amat khas: besar, pada umumnya warnanya kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter dapat mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya merupakan bunga majemuk, tersusun dari ratusan sampai ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Bunga Matahari juga mempunyai keunikan yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari. Bunga matahari juga dapat menghasilkan minyak yang dapat digunakan dalam memasak dan lebih menyehatkan ketimbang minyak kelapa. Biji bunga mataharinya juga biasa diolah menjadi cemilan kuaci. Bila dijadikan tanaman hias bunga, pasti halam rumahmu akan terlihat lebih ceria.

Itulah beberapa tanaman hias bunga terindah dan tercantik yang dapat anda jadikan sebagai alternatif untuk menghias halaman rumah. Anda bisa mengkombinasikan tanaman hias ini sehingga akan tercipta taman kecil yang mempesona.

No Responses

Leave a Reply