30 Tanaman Hias Bunga Terindah yang Mempercantik Rumahmu

11. Julia Rose atau Mawar Juliet

Tanaman Hias bunga terindah: Bunga Mawar juliet atau Julia Rose

Tanaman Hias bunga terindah: Bunga Mawar Juliet atau Julia Rose

Bunga hias tercantik berikutnya adalah Julia Rose atau Mawar Juliet. Julia Rose ini adalah salah satu bunga yang terlangka dalam dunia. Jangan berfikir untuk bisa menanam bunga ini dihalamn rumahmu, tanaman ini memerlukan waktu 15 tahun untuk bisa dimanfaatkan sebagai bunga hias. Di tahun 2006, bunga Mawar Juliet ini terjual dengan harga $5,8 juta dollar.

12. Bunga Kadupul

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Bunga Kadupul

Bunga Hias Tercantik: Bunga Kadupul

Bunga termahal yang ada di dunia sekarang ini masih disandang oleh bunga Kadupul. Bunga ini mempunyai keindahan yang luar biasa, keunikan, serta mengeluarkan aroma wangi yang menenangkan saraf. bunga ini cuma bisa ditemukan di negara Sri Langka. Bunga ini cuma hidup beberapa jam saja sesudah dicabut dan mengeluarkan aroma yang harum pada malam hari.

13. Bunga Kamboja Adenium

Tanaman Hias bunga tercantik: Bunga kamboja jepang atau flower adenium

Tanaman Hias bunga tercantik: Bunga kamboja jepang atau flower adenium

Bunga Kamboja Adenium atau di Indonesia dikenal dengan nama kamboja Jepang, meskipun tanaman ini bukan berasal dari negara Jepang. Kamboja adenium merupakan tanaman hias yang berasal dari gurun pasir kering di daratan Asia Barat dan Afrika.

Tanaman ini dinamakan adenium sesuai tempat asalnya yaitu dari daerah Aden ibukota Yaman. Di tempat asalnya bunga ini disebut Mawar Padang Pasir atau desert rose. Tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi tanah yang kering dibandingkan tanah yang basah

Kamboja adenium mempunyai batang yang besar dengan bagian akar yang dapat menyerupai umbi, sedangkan daunnya berbentuk panjang dan kecil. Akar adenium yang besar berguna sebagai tempat menyimpan cadangan air. Kamboja adenium pada umumnya di jadikan bonsai oleh kolektor dengan menampakkan akarnya yang besar sehingga menampilkan bentuk yang unik.

Kamboja adenium mempunyai bunga yang bentuknya menyerupai terompet dengan 5 kelopak bunga. Adenium mempunyai bunga dengan warna yang bermacam-macam sesuai dengan jenis atau varietasnya masing-masing. Kamboja Adenium dibedakan menjadi 2 spesies, yaitu jenis asli dan jenis varietas yang dikembangkan untuk mendapatkan jenis bunga kamboja baru.

14. Kaktus

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Kaktus

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Kaktus

Siapa bilang kaktus tidak indah? Bila kaktus berbunga maka akan terlihat sangat cantik. Kaktus merupakan tumbuhan yang bisa bertahan hidup tanpa air dalam waktu yang lama. Walaupun mempunyai banyak duri, tanaman kaktus cukup digemari orang sebagai tanaman hias.

Bentuknya yang unik dan perawatannya yang gampang merupakan salah satu alasan kenapa tananam ini dijadikan tanaman hias. Kaktus biasa dipakai sebagai tanaman penghias ruangan, tetapi sebab durinya yang tajam penempatan kaktus mesti dijauhkan dari tempat bermain anak-anak.

Tanaman kaktus mempunyai jenis yang bermacam-macam, mulai dari ball cactus (kaktus yang mempunyai bentuk seperti bola) sampai kaktus mammillaria fraileana.

Selain bentuknya yang berbeda-beda, setiap jenis tanaman kaktus mempunyai keindahan dan keunikan sendiri-sendiri. Tanaman kaktus juga mempunyai warna bunga yang beragam sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias bunga di rumah.

15. Bunga Dendrobium Rantii Orchids

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Dendrobium Rantii Orchids

Bunga Hias Terindah: Bunga Dendrobium Rantii Orchids

Dendrobium rantii merupakan bunga anggrek yang berasal dari pulau Sulawesi. Dendrobium rantii mempunyai bentuk bunga seperti bintang dan berwarna dasar putih dengan garis warnanya ungu di petal serta lidahnya. Bunga dendrobium mempunyai ukuran yang cukup kecil yaitu sekitar 3 cm, dalam satu tanaman hias ini terdapat 3 sampai 4 tangkai dan dalam satu tangkai pada umumnya terdapat beberapa bunga.

Angrek dendrobium merupakan angrek yang adalah tanaman hias yang bisa bertahan hidup di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.

Tanaman hias yang satu ini cukup populer sebab bentuknya dan warnanya yang indah. Anggrek dendrobium termasuk dalam anggrek golongan monopodial dengan bentuk bulb membengkak di bagian bawah dan pipih di bagian atas. Dendrobium rantii sangat sesuai dijadikan tanaman untuk menghiasi halaman rumah anda.

16. Bunga Anthurium

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga anthurium flower

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga anthurium flower

Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae atau berciri khas bunga majemuk. Bunga Anthurium termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak kenal masa dormansi. Tanaman berdaun indah ini masih dalam keluarga tanaman hias terkenal lainnya semacam aglaonema, keladi hias, philodendron, dan alokasia. Dalam keluarga Araceae, anthurium merupakan genus dengan jumlah jenis paling banyak.

Diprediksi terdapat sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium.  Daya tarik utama dari anthurium yaitu bentuk daunnya yang unik, indah dan bervariasi. Daun pada umumnya warnanya hijau tua dengan urat serta tulang daun besar dan menonjol. Sehingga membuat sosok tanaman ini terlihat kekar namun tetap memancarkan keanggunan ketika dewasa.

Dari zaman dulu hingga sekara bunga ini sudah sering dijadikan sebagai tanaman hias bunga karena salah satu bunga terindah dan tercantik. Di alam, pada umumnya tanaman ini hidup secara epifit dengan menempel pada batang pohon. Biasa juga hidup secara terestrial pada dasar hutan.

Tidak heran bila tanaman ini memiliki kesan elegan dan eksklusif. Dimasa lalu, anthurium banyak dipakai untuk hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Konon tanaman ini dipuja sebagai tanaman para raja.

 

17. Bunga Dahlia

tanaman hias bunga tercantik: bunga dahlia

tanaman hias bunga tercantik: bunga dahlia

Salah satu tanaman hias bunga terindah favorit kolektor, bunga dahlia!! Bunga Dahlia merupakan salah satu jenis bunga yang mempunyai proses perkembang-biakannya telat ketimbang bunga-bunga lainnya. Sekarang, bunga dahlia telah terdiri dari beberapa kultivar, bahkan ratusan.

Tanaman dahlia kebanyakan memproduksi bunga berwarna cerah serta mempesona. Tidak heran bila bunga dahlia ini menjadi komoditas utama untuk para pelaku industri tanaman pot bunga dan kolektor.

Seperti halnya dengan merawat tanaman hias lainnya, bunga dahlia tampaknya mudah ditanam dan berkembang biak. Anda bisa menambah jumlah bunga tersebut dengan melakukan stek batang, pemisahan anakan atau memberi biji dan umbi di sekitar tanaman.

Supaya cepat berbunga, bibit yang sudah ditanam disiram secara teratur yakni dua bulan sekali.

18. Bunga Tapak Dara

tanaman hias bunga terindah: Bunga tapak dara putih

tanaman hias bunga terindah: Bunga tapak dara putih

Bunga Tapak Dara awalnya berasal dari daerah madagaskar, lalu menyebar ke daera-daerah tropis. Salah satu ciri khas dari tanaman ini yaitu pada daunnya yang tersusun menyirip berselingan berbentuk bulat layaknya sebutir telur. Bunga tapak dara lebih cocok hidup di daerah terbuka, tetapi bukan berarti tanaman ini susah tumbuh di daerah terlindung dan tertutup pula.

Tidak mesti perawatan secara khusus untuk merawat tanaman hias bunga tapak dara. Cukup diberi pupuk lalu disiram secara teratur maka bunga akan mekar dengan sendirinya. Pakai pupuk kandungan nitrogen tinggi pada waktu awal pertumbuhan bunga tapak dara.

Kemudian pakai pupuk berfosfor tinggi bila tanaman ini mulai berbunga. Hal ini dianjurkan supaya tanaman hias tapak dara bisa merangsang proses pembungaannya dengan cepat dan lancar.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Buah yang Indah dan Bermanfaat

19. Bunga Kemuning

tanaman hias bunga terindah: bunga kemuning

tanaman hias bunga terindah: bunga kemuning

Bunga kemuning atau nama latinnya Murraya paniculata. Kemuning mempunyai bunga yang tak terlalu besar, dengan warna bunga putih dan memiliki bau yang harum. Bunga kemuning salah satu tanaman hias bunga yang tahan panas. Biasanya orang Indonesia dan Filipina menggunakan daun kemuning untuk obat diare dan disentri

Bunga Kemuning ialah salah satu tanaman hias yang memproduksi aroma wangi yang tajam, khususnya di malam hari. Bunga yang bernama latin murraya paniculata ini adalah hasil tiruan dari bunga melati yang tidak cuma sekedar harum, tetapi juga indah.

Selain dipakai untuk mengihiasi pekarangan yang terdapat di rumah, bunga kemuning pada umumnya juga dimanfaatkan pada waktu acara perkawinan untuk mendukung daya tarik terhadap dekorasi.

Bunga kemuning cocok bagi di tanam di bagian halaman depan rumah seperti taman dan teras. Sebab pada dasarnya tanaman hias ini amat menyenangi cahaya dari sinar matahari.  Sama seperti tanaman hias bunga biasanya, perawatan bunga kemuning cuma perlu diberikan pupuk lalu disiram sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, tanaman ini akan sering sehat dan berbunga.

20. Bunga Melati

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Melati Putih

Tanaman hias bunga tercantik: Bunga Melati Putih

Bila dibandingkan dengan mawar dan kamboja jepang, bunga melati memang kalap popularitas. Padahal bila dilihat seksama, bunga melati justru tidak kalah dari segi keindahannya dengan bunga lain apabila dijadikan sebagai tanaman penghias rumah. Karena baunya yang sangat harum, melati juga bisa anda manfaatkan sebagai pengganti dari pewangi ruangan. Cukup menghemat biaya pengharum kan?

Melati akan menghasilkan bunga pada bulan ke delapan bila dirawat secara baik dan teratur. Tapi  bila perawatan bunga melati dilakukan secara asal-asalan, tentu tanaman ini akan memproduksi bunga yang jauh lebih lama dari pada umumnya.

Bunga melati akan tetap berbunga sampai 3 bulan lamanya walaupun kadang-kadang jumlahnya akan kian menurun secara perlahan.  Melati mempunyai bunga warnanya putih dan baunya sangat harum. Tanaman melati ini amat mudah perawatannya dan paling tahan terhadap hama. Sebab termasuk jenis tanaman perdu, melati tidak membutuhkan perawatan khusus. Bisa ditanam di halaman atau di dalam pot. Anda cuma perlu melakukan pemangkasan untuk merapikan rantingnya dan juga menjaga supaya ukurannya tak terlalu besar.

Melati merupakan tanaman hias bunga yang amat terkenal di Indonesia. Bahkan, jenis melati putih  yaitu Jasminum sambac, ditetapkan menjadi salah satu bunga nasional Indonesia bersama dengan anggrek bulan dan Rafflesia arnoldii.

Klik untuk ke halaman berikutnya

No Responses

Leave a Reply