30 Tanaman Hias Bunga Terindah yang Mempercantik Rumahmu

Bagi anda yang mengingkan taman atau halaman rumah yang indah tentu tanaman hias bunga merupakan hal wajib yang harus ada. Taman yang hanya menampilkan warna hijau saja akan terlihat membosankan. Maka dari itu perlu variasi warna dari tanaman hias bunga.

Tanaman Hias Bunga Terindah

Beberapa orang kesulitan dalam memilih tanaman hias bunga yang sesuai dengan kebutuhan rumahnya. Berikut beberapa tanaman hias bunga terindah yang bisa menjadi referensi anda dalam menata halaman rumah.

1. Bunga Gloriosa

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Gloriosa

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Gloriosa

Bunga Gloriosa atau orang Indonesia menyebutnya Kembang sungsang, merupakan salah satu tanaman hias paling langka dalam dunia. Bunga ini cuma bisa tumbuh di daerah Afrika. Proses pertumbuhan dan penyebarannya pun sangat susah. Maka karena itu, tidak heran bila bunga ini mempunyai harga yang amat mahal.

Pada umumnya, bunga Gloriosa dibandrol dengan harga sekitar Rp 150.000 per tangkainya. Warnanya yang indah sangat cocok sebagai tanaman hias bunga di halaman rumah anda

2. Bunga Hydrangea atau Bunga Hertensia

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Bunga Hydrangea

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Bunga Hydrangea

Hortensia juga populer dengan nama kembang bokor, sedangkan dalam bahasa Melayu populer dengan nama bunga tiga bulan. Orang-orang di sulawesi selatan menyebut tanaman hias bunga ini sebagai bunga masamba karena kebanyakan ditemukan di daerah masamba. Hydrangea mempunyai sekitar 70-75 spesies yang tersebar di Asia dan Amerika. Tetapi, sebagian besar spesies tanaman ini tumbuh di negara yang terdapat di Benua Asia.

Tanaman ini amat cocok bagi menghiasi taman rumah anda atau setidaknya untuk buket bila anda berada di acara khusus. Bunga ini pada umumnya dibandrol dengan harga sekitar Rp. 70.000 per batang.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Daun Cantik yang Cocok di Rumah

3. Bunga Kantong Semar (Nepenthes)

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Kantong Semar (Nepenthes)

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Kantong Semar (Nepenthes)

Salah satu tanaman hias bunga terindah, Bunga Kantung semar ialah jenis tanaman monotipik yang terdiri atas 130 spesies. Walaupun tampak cantik tapi tumbuhan ini merupakan karnivora. Dinamakan kantung sebab tumbuhan ini mempunyai sulur pada ujung daun yang membentuk seperti kantong, kantong tersebut dipakai sebagai perangkap untuk menangkap mangsa seperti semut, lalat, lebah dan serangga kecil lainnya.

Kantong semar memancing mangsanya dengan bau yang berasal dari dalam kantongnya, saat ada serangga yang masuk dalam katong, secara otomatis kantong akan tertutup dan mangsa akan terperangkap di dalamnya. Kantong semar bisa tumbuh mencapai tinggi 15 sampai 20 meter dengan cara merambat. Tumbuhan ini mempunyai habitat dengan spesies paling banyak ialah di pulau Sumatera dan kalimantan.

4. Bunga Gelombang Cinta

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Gelombang Cinta

Tanaman Hias Bunga Cantik: Bunga Gelombang Cinta

Gelombang cinta ialah bunga hias yang mempunyai daun yang besar dengan pinggiran daun yang bergelombang. Sebenarnya tanaman ini bukan merupakan tanaman hias bunga, tetapi jika berbuah maka keindahannya tidak kalah dengan tanaman hias bunga. Tanaman gelombang cinta sempat populer di tahun 2010 yang membuat harganya melonjak tinggi.

Walaupun sekarang gelombang cinta sudah tak sepopuler dulu, namun keindahan daunnya masih menjadi primadona buat sebagian orang. Akar bunga hias ini mudah hancur jika mendapat banyak air, oleh sebab itu ketika anda menyiram tanaman ini, pastikanlah airnya langsung mengalir keluar dari pot.

Jika anda ingin menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias bunga, maka penyiraman yang baik yaitu dikerjakan setiap 3 kali satu hari dengan media tanam memakai pakis cacah supaya pertumbuhannya baik dan optimal.

Gelombang cinta tidak bagus bila mendapat cahaya matahari secara langsung, tempat yang bagus untuk meletakkan tumbuhan ini merupakan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda juga dapat menambahkan paranet supaya pertumbuhanya optimal.

5. Bunga Lisianthus atau Bunga Eustoma

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Lisianthus

Tanaman Hias Bunga Terindah: Bunga Lisianthus

Eustoma atau Bunga Lisianthus yaitu tanaman hias yang mempunyai kuntum bunga yang amat halus dan warnanya bermacam-macam. Tapi pada kebanyakan bunga ini berwarna ungu. Bunga hias ini pada umumnya berharga sekitar Rp. 150.00 sampai Rp. 400.000 per tandannya.

Bisa dikatakan harganya cukup mahal. Tetapi, anda tak akan menyesal jika membelinya. Sebab tanaman ini amat indah dan cantik. Tanaman hias ini amat cocok untuk menambah koleksi tanaman hias bunga di taman rumah anda.

6. Bunga Lily of The Valley

Tanaman Hias Bunga Cantik: Lily of The Valley

Tanaman Hias Bunga Cantik: Lily of The Valley

Lily of The Valley ialah salah satu tanaman hias yang cantik dan cukup popular dikalangan pencnta bunga. Salah satu spesies bunga lily sekaligus tanaman hias bunga terindah yang ada. Tapi jangan salah, bunga ini sebenarnya bisa membunuh manusia jika dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah banyak.

Uniknya bunga ini cuma dapat dipanen dalam kurun waktu satu tahun sekali, jadi wajar jika dibandrol dengan harga diatas Rp. 500.000 per tangkainya. Bunga hias ini pada umumnya cuma mekar pada bulan Mei dan bunganya akan mengeluarkan aroma yang amat harum. Bunga yang cantik ini pada umumnya  akan mati sesudah bunganya dipetik. Jadi, kita harus berhati-hati ketika memetik bunga ini.

7. Bunga Saffron Crocus

Tanaman hias bunga terindah: Bunga Saffron Crocus

Tanaman hias bunga terindah: Bunga Saffron Crocus

Bunga Saffron Crocus atau bunga kuma-kuma. Tapilan bunga ini terlihat cukup sederhana, tetapi termasuk dalam jajaran bunga yang mempunyai harga yang amat mahal. Saffron Crocus pada umumnya ditanam untuk menghiasi taman dan dekorasi. Selain itu sebagai penghias rumah, bunga ini juga dapat berfungsi sebagai rempah-rempah ata bumbu masakan.

Jika menjadi rempah-rempah, bunga ini termasuk rempah-rempah yang paling mahal. Untuk mendapatkan bunga ini, kita perlu mengeluarkan uang sekitar 10 juta – 15 juta. Harganya yang mahal tentu perlu perhatian jika menjadikan bunga ini sebagai tanaman hias bunga.

8. Bunga Gold Kinabalu Orchid

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Gold of Kinabalu Orchid

Bunga Hias Tercantik: Bunga Gold of Kinabalu Orchid

Gold Kinabalu Orchid merupakan salah satu jenis bunga Anggrek. salah satu tanaman hias bunga terindah dan mempunyai harga yang amat mahal. Gold Kinabalu Orchid merupakan bunga yang amat langka dan hampir punah. Bunga ini cuma dapat ditemukan di Taman Nasional di Malaysia. Sebab kelangkaannya tersebut, bunga ini mempunyai harga yang amat mahal, yakni sekitar 70 juta per potong. Fantastis!!

9. Bunga Shenzhen Nongke Orchids

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Bunga Shenzhen Nongke Orchids

Tanaman Hias Bunga Tercantik: Bunga Shenzhen Nongke Orchids

Tidak diragukan lagi harga bunga anggrek, Bunga Shenzhen Nongke Orchids merupakan salah satu tanaman hias bunga tercantik dan jenis bunga anggrek yang paling mahal. Bunga ini pernah laku di sebuah lelang yang diadaakan di China dengan harga lebih dari $200.000 atau 200 juta rupiah. Bunga yang laku tersebut mempunyai usia sekitar 8 tahun.

10. Bunga 17th Century Tulip Bulb

Tanaman Hias Bunga Cantik: Bunga 17th Century Tulip Bulb

Bunga Hias Cantik: Bunga 17th Century Tulip Bulb

Salah satu jenis bunga tulip. Nama bunga ini barangkali cukup aneh. Tetapi, sesungguhnya nama tersebut memiliki sebuah sejarah. Di tahun 1637, bunga langka ini mempunyai harga 10.000 gulden atau kalau dalam rupiah sekitar 70 juta!! Wow harga yang amat fantastis untuk sekuntum bunga.

Kelangkaan dan keindahan yang dipunyai oleh bunga inilah yang menjadikan bunga tulip bulb mempunyai harga yang amat mahal. Sudah siap mengeluarkan kocek lebih untuk menjadikan bunga ini sebagai sebagai tanaman hias bunga?

Klik untuk ke halaman berikutnya

Incoming search terms:

  • tanaman hias
  • 30 tanaman hias
  • bunga hias
  • bunga yg palin com
  • tanaman hias bunga
  • tanaman hias yang tinggi er

No Responses

Leave a Reply