19 Kandungan Bunga Mawar yang Bermanfaat bagi Manusia

Kandungan bunga mawar – Mawar merupakan tanaman bunga hias jenis herba dengan batang berduri. Bunga mawar diketahui sebagai symbol atau lambang kehidupan religi dalam peradaban manusia. Mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur.

Dalam perkembangannya, tanaman bunga mawar hias ini menyebar di daerah-daerah beriklim dingin dan panas.

Mawar merupakan salah satu tanaman yang termasuk ke dalam family Rosaceae. Umumnya, spesies mawar berupa tanaman semak yang berduri dan menjalar, tingginya bisa mencapai 2-5 meter.

kandungan bunga mawar dan manfaat

kandungan bunga mawar dan manfaat bagi manusia sangat banyak

Sebenarnya, mawar bukan jenis tanaman tropis. Sebagian besar spesies mawar yang tumbuh di Asia Tenggara merontokkan seluruh daunnya, sehingga hanya beberapa jenis yang bisa selalu berdaun hijau selama tahun.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Tanaman Hias Bunga Mawar

Biasanya, warna bunga mawar adalah putih, merah jambu, kuning, dan merah. Umunya, mawar memiliki duri-duri kecil yang tajam dibagian tangkainya. Namun, beberapa jenis mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

19 Kandungan Bunga Mawar

Selain keindahan dan keharumannya, ternyata tanaman bunga mawar menagndung banyak zat yang sangat berguna.

Ada sebagian kelompok yang memanfaatkan mawar sebagai perawat kecantikan.  Sebab, di dalam mawar terdapat kandungan vitamin C yang bermanfaat guna meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas  dan kelembaban kulit.

Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui khasiat dan kandungan bunga mawar.

Selain memiliki vitamin C, masih banyak kandungan lain yang terdapat pada bunga mawar. Di dalam bunga mawar setidaknya terkandung:

Baca juga: 15 Rangkaian Bunga Mawar Cantik yang Bisa Dicoba

  1. Vitamin C. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal bermacam-macam penyakit dan memperkuat daya tahan tubuh.
  2. Vitamin E. Vitamin E merupakan zat penting yang bisa mendukung kinerja organ tubuh. Zat ini juga memiliki efek antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan
  3. Vitamin K. Vitamin ini bisa mencegah dibaetes serta membantu metabolisme di dalam tubuh berkaitan dengan ketahanan senyawa insulin. Di dalam tubuh, vitamin K juga dapat menekan proses pendarahan di hati
  4. Vitamin B. Vitamin B adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel pada mahluk hidup.
  5. Zat tanin. Zat Tanin dapat mengendapkan protein sehingga digunakan sebagai antiseptik
  6. Geraniol memiliki manfaat yang banyak di bidang kosmetik, peternakan dan kesehatan. Zat ini juga banyak digunakan di produk anti nyamuk
  7. Nerol adalah senyawa alkohol yang mempunyai ikatan rangkap dan pasangan elektron bebas. Disamping itu, nerol mempunyai bau yang harum sehingga biasa digunakan sebagai bahan minyak bau terapi.
  8. merupakan cairan yang diturunkan dari minyak sitronela; larut dalam alkohol; digunakan dalam pembuatan parfum.
  9. Pectin digunakan dalam pengobatan diare, biasanya dalam kombinasi dengan adsorben lainnya. Attapulgite maupun pectin diklaim dapat mengadsorpsi toksin, gas, bakteri, dan virus yang terdapat dalam lumen usus.
  10. Terpena dan terpenoid menyusun banyak minyak atsiri yang dihasilkan oleh tumbuhan. Kandungan minyak atsiri memengaruhi penggunaan produk rempah-rempah, baik sebagai bumbu, sebagai wewangian, serta sebagai bahan pengobatan, kesehatan, dan penyerta upacara-upacara ritual
  11. Flavonoid bisa bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menetralisir radikal bebas dan dengan begitu memperkecil efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh.
  12. Asam geranik. Geranic acid salah satu kandungan asam yang biasa digunakan sebagai tambahan produ kecantikan. Selain pada mawar, Asam geranik banyak ditemukan di serai
  13. Polifenol berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dengan cara mengikat radikal bebas sehingga mencegah proses inflamasi dan peradangan pada sel tubuh
  14. Kebanyakan vanillin digunakan sebagai bahan penambah cita-rasa, biasanya dalam makanan-makanan manis. Disamping itu, Vanillin juga digunakan dalam industri parfum (parfum) dan untuk menopengi bau tak-sedap atau rasa dalam obat-obatan, produk-produk pembersih dan pakan hewan ternak.
  15. Peran penting karotenoid sebagai agen antioksidan dan dalam sistem fotosintesis.  Disamping itu, karotenoid juga dapat diubah jadi vitamin esensial.
  16. Eugenol digunakan dalam parfum, penyedap, minyak esensiil dan dalam obat sebagai antiseptik dan anastesi lokal. Eugenol merupakan bahan kunci dalam rokok kretek (cengkeh) Indonesia
  17. Farnesol berperan sebagai anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat menekan perkembangan mikroorganisme pada kulit. Biasa digunakan sebagai bahan produk kecantikan
  18. Stearopten biasa juga digunakan pada produk kecantikan untuk membuat bau yang wangi
  19. Feniletil alkohol. Phenethyl alcoholmencegah atau menghambat pertumbuhan bakteri, dan dengan begitu melindungi kosmetik dan produk perawatan pribadi dari pembusukan cepat. Feniletil Alkohol juga memberikan bau wangi ke produk.

Manfaat bunga mawar lainnya

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalam bunga mawar, maka mawar dapat dijadikan sebagai bahan baku obat, diataranya adalah sebagai aromaterapi, pelancar haid, menyembuhkan infeksi, menyembuhkan sekresi empedu, menurunkan panas badan, antiseptic, menghilangkan keputihan, menambah daya tahan tubuh, serta mengobati gigitan serangga berbisa.

Menurut Izky (2009), di pada tanaman bunga mawar terdapat antosian yang merupakan salah satu zat pewarna alami dan bisa larut di dalam air. Zat warna ini banyak digunakan sebagai bahan olahan, bagus bagi makanan maupun minuman.

Antosian bakal lebih stabil pada kondisi asam ketimbang kondisi basa atau netral. Antosian termasuk senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan alami. Disamping itu, antosian juga bisa menghentikan reaksi dan radikal bebas.

Baca juga: 3 Tips dan Cara Menanam Bunga Mawar yang Tepat

Tidak adanya unsur  yang berbahaya membuat mawar cukup aman untuk dimanfaatkan sebagai media kecantikan dan kesehatan.

Di Thailand, bunga mawar sering diolah menjadi bagian dari menu makanan andalan di beberapa restoran. Guna menambah aroama minuman, daun dan kelopak bunga mawar yang sudah dikeringkan dapat dijadikan sebagai teh.

Demikianlah 19 kandungan bunga mawar yang amat bermanfaat untuk manusia. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantumu.

Incoming search terms:

  • bahan yg terkandung dalam mawar
  • bunga mawar bisa di olah menjadi
  • jenis produksi pada bunga mawar
  • kandungan feniletil digunakan untuk
  • kelopak bunga bermanfaat dalam pembuatan
  • vitamin dan manfaāt bunga mawar

Leave a Reply