6 Tanaman Hias Buah yang Indah dan Bermanfaat

Tanaman hias buah yang indah dan bermanfaat – Mungkin kalian sudah mengenal tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Ternyata selain itu ada juga jenis tanaman hias buah yang bagus untuk mempercantik halaman rumah dan tentunya mengahsilkan buah yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain sebagai penghias, sebagian orang ada yang menganggap atau yakin bahwa dari beberapa jenis tanaman hias tersebut bisa mendatangkan berkah. Contohnya buah naga, buah ini dipercaya oleh orang-orang Vietnam dan Cina bisa membawa berkah. Maka sebab itu, buah ini selalu ditaruh di antara dua ekor patung naga warnanya hijau di atas meja altar.

6 Tanaman hias buah yang indah dan bermanfaat

Tanaman hias buah sendiri sebenarnya mempunyai banyak jenis, namun pada kesempatan kali ini saya bagikan jenis tanaman hias yang populer saja dan mudah ditanam di Indonesia, serta buah tanaman ini bisa dikonsumsi dengan aman.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Tahan Panas dan Mudah Dirawat

Baiklah kita langsung saja pada topik pembahasan saat ini yaitu jenis tanaman buah, buat yang memerlukan informasinya silahkan untuk menyimaknya dibawah ini:

Tanaman Hias Buah Kacang Mentega/ Kacang Amazon

Kacang amazon atau di indonesia dikenal dengan sebutan kacang mentega atau butter nut. Tanaman in adalah tanaman perdu dengan ketinggian dapat mencapai 20 meter, tetapi pada umumnya kebanyakan cuma berkisar antara 3-5 meter saja.

tanaman hias buah kacang amazon

kacang amazon atau kacang mentega

Asal tanaman  ini yaitu dari negara Amerika selatan seperti Brazil, Ekuador, Kolombia, Bolivia, dan Peru. Buah serta biji dari Tanaman buah ini bisa dikonsumsi dan mempunyai rasa yang cukup lezat, Kacang mentega Bisa kita olah sebagai jus, dibuat manisan ataupun dapat juga diolah menjadi selai roti. Untuk produk yang telah jadi dan siap konsumsi dapat kita temukan di supermarket ataupun minimarket yang menjualnya.

Tanaman Hias Buah Tomat krismil

Tomat hias atau biasa disebut tomat krismil merupakan salah satu tanaman hias buah yang banyak mempunyai penggemar dan banyak ditanam oleh para pencinta tanaman. Tanaman tomat hias mempunyai buah dengan bentuk yang mungil dan terlihat lucu, dan buah tersebut pastinya bisa kita konsumsi langsung atau bisa sebagai bahan tambahan makanan seperti sambal, atau campuran makanan lainnya.

tanaman hias buah tomat krismil

tomat krismil

Ada berbagai warna yang timbul didalam satu tanaman dari warna merah, warna hijau dan putih sampai warna orange. Tanaman ini amat cocok ditanam dipekarangan supaya terlhar lebih asri dan cantik.

Tanaman Hias Buah Long Mulberry

Long mulberry merupakan salah satu varietas dari buah mulberry atau murbei. Bentuk buah dari tanaman hias buah ini cukup unik, dengan warna ungu gelap (jika buahnya sudah matang) bergerombol membentuk silindris dengan panjang sekitar 15 sampai 18 cm.

Long mulberry terkenal kaya akan kandungan vitamin c yang tinggi, juga buah dari tanaman ini memiliki manfaat sebagai antioksidan yang alami. Menanam Long Mylberry  akan memberikanmu halaman yang menarik dan buahnya juga dapat dikonsumsi.

Tanaman Hias Buah Cabai Rainbow

Cabai warna-warni berasal dari Amerika Selatan. Ada yang bilang dari Brasil, meski ternyata nama aslinya: Bolivian Rainbow. Cabai jenis ini lebih lazim digunakan sebagai tanaman hias, dan memang laku dalam dunia online untuk kebutuhan tersebut. Kenapa tidak dikonsumsi, contohnya bagi teman makan gorengan?

Cabai warna-warni, atau kita sebut saja Bolivian rainbow sesuai nama aslinya, paling maksimum kepedasannya cuma 30.000 SHU. Bandingkan dengan cabai rawit hijau yang berada di pasaran, (SHU) 50,000–100,000. Alhasil, Bolivian rainbow lebih banyak dipakai sebagai tanaman hias.

tanaman hias buah cabai rainbow

cabai rainbow

Cabai rainbow mempunyai perubahan warna yang menarik dari muda ke tua. Perubahan warna inilah yang membuatnya disebut rainbow sebab dalam satu tanaman warna cabenya bisa berwarna-warni. Perubahannya ialah: ungu-kuning-oranye-merah.

Tanaman Hias Buah Naga Mini

Jika kamu biasa melihat buah naga dengan pohon yang besar dan tidak cocok di rumah, maka buah naga mini ini jauh berbeda. Tanaman hias buah ini sebetulnya secara fisik sama dengan buah naga biasa, tetapi mempunyai ukuran pohon yang lebih kecil. Buahnya pun seukuran dengan bola pingpong bahkan kurang darinya.

tanaman hias buah naga mini

buah naga mini

Ukuran mungilnya menjadikan tanaman buah ini cocok sebagai tanaman hias untuk menghias dan mempercantik halaman rumahmu. Kandungan buahnya pun tidak jauh beda dengan buah naga yang biasa. Vitamin dan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan

Tanaman Hias Buah Jeruk Nagami

Jeruk nagami ini cukup populer dikalangan pencinta tanaman hias buah. Banyak para pecinta tanaman yang mencarinya bila menjelang Hari Raya Imlek, tanaman hias yang satu ini akan ramai dicari orang untuk dijadikan hiasan altar di rumah saat hari raya tersebut. Citrus japonica atau disebut juga kumquat ini berpohon pendek dengan buah yang rimbun, pohon ini juga rajin berbuah.

Baca Juga: 15 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Rumahmu

tanaman hias buah jeruk nagami

jeruk nagami

Kandungan nutrisi dan vitaminnya juga tidak dapat diragukan lagi. Vitamin C nya juga tidak kalah dengan jeruk biasa. Menanam jeruk nagami akan memberikanmu tampilan halaman yang sedap dipandang dan buahnya yang baik bagi kesehatan. Dua keuntungan sekaligus.

Itulah tadi 6 tanaman hias buah yang indah dan bermanfaat juga bagi kesehatan. Jika kalian memutuskan untuk menanam tanaman-tanaman hias tersebut, pastikan telah mengetahui cara menanamnya yang benar agar tanaman hiasnya tidak mati dan anda tidak rugi. Silahkan share jika postingan ini kamu rasa bermanfaat.

Leave a Reply