3 Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Matahari

Bisnis Bunga Matahari – Tidak perlu dipungkiri lagi kepopuleran bunga yang satu ini. Bunga matahari atau sunflower salah satu bunga yang sangat cocok untuk tumbuh di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Tentu hal ini memberikan keuntungan tersendiri pada rakyat Indonesia karena bunga ini sangat cocok dibudidayakan sebagai bisnis tanaman hias yang menjanjikan.

Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas apa saja peluang bisnis bunga matahari dan bagaimana prospek usaha bunga matahari itu.

Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Matahari

Bunga matahari yang sangat membutuhkan matahari tentu sangat cocok dengan iklim Indonesia yang tropis. Setidaknya dengan iklim yang seperti ini, bunga matahari bisa menghasilkan panen lebih banyak daripada Negara 4 musim.

Tercatat sekarang ini Indonesia rutin mengimpor sebanyak 15.000-20.000 ton biji bunga matahari untuk industri kwaci, belum lagi permintaan minyak murni biji bunga matahari yang juga dibutuhkan banyak industri-industri besar. Karena besarnya permintaan pasar itulah dan rendahnya jumlah pelaku bisnisnya, maka usaha budidaya bunga matahari ini sangat menjanjikan. Setidaknya ada 3 peluang usaha bunga matahari yaitu;

1. Peluang bisnis minyak bunga matahari

Diantara peluang usaha bunga matahari yang ada, bisnis minyak bunga matahari lah yang paling menjanjikan.

Berdasarkan data dari mesin pencarian seperti Google, Bing, atau Yahoo, produk kecantikan dan kesehatan merupakan salah satu produk yang paling sering dicari oleh orang. Ini berarti permintaan atas produk-produk tersebut juga banyak

Baca juga: 7 Cara Menanam Bunga Matahari agar Cepat Berbunga

Apalagi Indonesia memiliki beberapa brand kosmetik besar yang bahkan sudah go international contohnya, Viva Cosmetic, Martha Tilaar, dan La Tulip. Dan mereka semua membutuhkan bahan baku yang aman, yang berasal dari minyak nabati.

peluang bisnis minyak bunga matahari dinilai sangat menjanjikan

peluang bisnis minyak bunga matahari dinilai sangat menjanjikan

Nah maka dari itulah disini muncul peluang bisnis bunga matahari. Tentu saja untuk menyuplai minyak nabati dari bunga matahari anda tidak bisa hanya menanam bunga matahari yang sedikit. Perlu beberapa hektar lahan untuk membuka usaha ini

Modal besar yang dibutukan untuk bisnis bunga matahari ini berbanding lurus dengan keuntungan yang akan didapatkan. Mengapa? Karena permintaan minya nabati ini sangat besar.

Beberapa perusahaan kosmetik ternama di Indonesia mengaku bahwa mereka dipaksa mengimpor minyak nabati sampai ratusan ribu liter per tahun karena kurangnya barang dalam negeri. Dan yang lebih mengejutkan, sesungguhnya mereka sudah membuka peluang pada pemasok lokal, tetapi kenyataannya petani lokal hanya dapat menyediakan maksimal 10% saja dari total kebutuhan industri.

Bagaimana, masih belum tertarik untuk mencoba bisnis bunga matahari ini?

2. Peluang Bisnis Tanaman Hias Bunga Matahari

Bunga matahari juga banyak dimanfaatkan orang sebagai tanaman hias untuk rumah. Selain karena bentuknnya yang indah, perawatannya juga sangat mudah. Cukup penyiraman dan pemberian pupuk saja secara rutin.

Karena hal inilah bunga matahari cukup banyak digemari sebagai tanaman hias. Dan tentu ini menjadi peluang bagi anda untuk membuka bisnis bunga matahari.

peluang bisnis tanaman hias bunga matahari juga cukup bagus

peluang bisnis tanaman hias bunga matahari juga cukup bagus

Harga bunga matahari perpohonnya dibanderol antara 15.000-20.000. harga tersebut hanya taksiran rata-rata, bisa saja lebih mahal dari itu. Ukuran dan jenis bunga matahari yang ditanam juga akan mempengaruhi harga. Dalam 1 hektar tanah bisa ada ribuan bunga matahari, dan dalam setahun bisa panen 4 kali.

Baca Juga: Prospek Bisnis Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Menjanjikan

Tidak perlu saya rincikan dengan jelas, anda bisa mengkalkulasikan sendiri biayanya dan keuntungan yang akan anda dapatkan.

3. Peluang Bisnis Biji Bunga Matahari

Selain sebagai tanaman hias dan bahan produk kecantikan, bunga matahari juga dapat dikonsumsi. Tentu kalian sudah tahu bagian mana yang bisa dikonsumsi tersebut. Ya, itulah bijinya

Biji bunga matahari juga tinggi akan permintaan. Bayangkan saja setiap tahunnya permintaan impor biji bunga matahari yang masuk mencapai 15.000-20.000 ton. Ini tentu menjadi lahan “basah” bagi para pencari peluang usaha.

prospek bisnis biji bunga matahari masih sangat bagus sampai sekarang

prospek bisnis biji bunga matahari masih sangat bagus sampai sekarang

Peluang bisnis bunga matahari dari bijinya juga memiliki prospek yang hampir sama baiknya dengan bisnis minya nabati bunga matahari. Penyebabnya karena biji bunga matahari digunakan sebagai bahan nutrisi bagi ibu hamil. Kandungan asam folat dalam biji bunga matahari sangat baik bagi janin. Dalam 100 g biji bunga matahari terkandung 227,3 mcg asam folat, sedangkan bagi ibu hamil disarankan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari.

Bukan hanya itu, permintaan biji bunga matahari dari industri makanan kwaci juga sangat banyak. Tentu jika kamu menanamnya stok persediaanmu akan selalu SOLD OUT!. Keuntungan lainnya jika dengan bisnis biji bunga matahari ini yaitu tidak perlu ada pengolahan ekstrak seperti minyak nabatinya. Tentu modal yang dikeluarkan tidak sebesar bisnis minyak nabati.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Tanaman Hias Bunga Mawar

Itu saja yang dapat kami berikan mengenai Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Matahari. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah

Leave a Reply