5 Peluang Bisnis Tanaman Hias Bunga Mawar

Peluang bisnis tanaman hias bunga mawar – Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang paling popular diantara dari bermacam-macam tanaman hias yang lain dan menjadi bunga yang banyak mempunyai penggemar. Mawar sering di identikkan sebagai simbol dari perasaan cinta yang dipunyai seseorang sehingga banyak orang yang menggunakan mawar sebagai ekspresi rasa cintanya kepada orang lain.

peluang bisnis tanaman hias bunga mawar dengan polybag

peluang bisnis tanaman hias bunga mawar dengan polybag cukup bagus untuk lahan sempit

Peluang bisnis tanaman hias bunga mawar

Nah karena banyaknya permintaan mawar inilah maka prospek bisnis tanaman hias bunga mawar sangat menjanjikan. Setidaknya ada 5 (lima) peluang bisnis tanaman hias bunga mawar yang menjanjikan.

  1. Di jual sebagai tanaman hias. Tidak usah dipertanyakan lagi, menjadikan bunga mawar sebagai tanaman hias paling banyak dilakukan orang lain. Tanaman hias bunga mawar dalam sebuah pot untuk memperindah tampilan taman atau rumah.
  2. Air bunga mawar sebagai bahan makanan. Dalam industri makanan saat ini sudah banyak yang memanfaatkan bunga mawar sebagai campurannya, terutama industri kue
  3. Bisnis bunga potong mawar. Selain sebagai tanaman hias banyak juga permintaan bunga mawar sebagai bunga potong. Kebanyakan menjadikannya sebagai pemberian/hadiah kepada orang kesayangan. Selain itu biasa juga dijadikan sebagai bunga tabur di upacara kenegaraan atau sebagai tradisi ritual
  4. Bunga mawar sebagai parfum. Bunga mawar dapat diekstraksi minyaknya untuk menghasilkan parfum yang cukup wangi. Beberapa industry local bermain disini.
  5. Air bunga mawar sebagai kosmetik kecantikan. Kosmetik ataupun pembersih wajah dari air bunga mawar sudah tidak sulit lagi ditemukan. Bahkan di mini market sudah banyak yang jual

Baca juga: 4 Peluang Bisnis Bunga Kamboja Beserta Tipsnya

Variestas Bunga Mawar yang memiliki peluang bisnis tanaman hias

Di indonesia bunga mawar cukup banyak diminati, baik itu dipakai untuk memberikan hadiah ataupun memang dibudidayakan sebagai peluang bisnis tanaman hias. Jenis bunga mawar yang banyak berkembang yaitu jenis mawar hibrida yang berasal dari Belanda.

Tetapi jenis mawar yang paling banyak diminati ialah mawar tipe Hybrid Teadan Medium, mawar tipe ini mempunyai variasi warna yang variatif, mulai dari warna putih sampai merah padam. Mawar ini juda mempunyai tingkat produksi yang tinggi yakni antara 120 – 180 kuntum bunga/m2 dalam setahun.

Varietas mawar hibrida (Hybrid Tea) ini sudah di tanam di Indonesia oleh PT Perkebunan Mangkurejo ialah : diplomat, coctail, jacaranda, idole, laminuette, samorai, sonia, vivaldi, tineke, sweet sonia, osiana, sonata de meilland, white success dan yonina.

Sedangkan mawar dengan tipe medium diataranya yaitu ialah sissel, jaguar, laser dan kiss, serta golden times.

Kelebihan dari jenis mawar hibrida ialah ketahanan dan variasi warna yang dimilikinya lebih menarik ketimbang yang lain. Untuk ukuran tangkai dari mawar tipe hibrida ialah 80-120 cm, sedangkan untuk tipe medium ialah 40-60 cm.

Beberapa varietas mawar ini juga disarankan untuk dibudidayakan pada dataran rendah seperti frad winds, golden lustee,  Mr.Lincoln, dan Camelot yang selalu dipakai sebagai mawar potong.

Daerah Penanam bisnis tanaman hias Bunga Mawar

Ini sebagai referensi anda sebelum memulai bisnis. mungkin saja anda bisa pergi melihat pembudidayaan bunga mawar terlebih dahulu. Daerah pusat penanaman mawar di dunia banyak terdapat di wilayah alaska atau siberia, india, afrika utara dan di indonesia.

Sedangkan untuk pusat penanaman bunga mawar potong, tabur serta tanaman pot di Indonesia dihasilkan di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan daerah DKI Jakarta.

Baca juga: Prospek Bisnis Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Menjanjikan

peluang bisnis tanaman hias bunga mawar cukup menjanjikan

peluang bisnis tanaman hias bunga mawar dinilai cukup menjanjikan

Gambaran sebelum menjalankan bisnis tanaman hias bunga mawar

Hal Yang Berpengaruh Pada Pertumbuhan Mawar

Iklim
  • Angin tidak berpengaruh dalam pertumbuhan mawar
  • Mawar mempunyai daya beradaptasi yang amat luas terhadap lingkungan, mawar dapat ditanam di daerah beriklim dingin ataupun daerah beriklim tropis.
  • Tingkat curah hujan terbaik untuk pertumbuhan bunga mawar ialah daerah dengan curah hujan sebesar 1500-3000 mm/tahun.
Media Tanam
  • Penanaman mawar bisa dilakukan pada pot ataupun pada tanah perkebunan. Tanaman mawar ini cocok bagi ditanam pada tanah liat berpasir yang mempunyai kandungan liat sebesar 20 – 30 persen.
  • Mawar juga bisa ditanam pada tanah andosol, latosol yang mempunyai sifat fisik dan dan kesuburan yang cukup bagus. Derajat keasaman dari tanah yang pas yakni PH antara 5,5 sampai 7
Ketinggian tempat
  • Mawar bisa tumbuh pada ketinggian  antara 560 – 800 mdpl, 1100 mdpl, hingga 1400 mdpl dengan memperhatikan suhu udara minimum.
  • Di Indonesia bunga mawar dapat tumbuh dan produktif di dataran rendah hingga dataran tinggi atau pegunungan sekalipun.
Pedoman Budidaya

Sebelum melaksanakan pembudidayaan maawar potong beberapa faktor yang mesti diperhatikan ialah

  • Pembibitan
  • Pemilihan media tanam yang cocok
  • Pemupukan
  • Serta perawatan secara teratur untuk mendapatkan hasil panen sesuai dengan harapan.

Untuk lebih lanjutnya silahkan baca:

3 Tips dan cara menanam bunga mawar yang tepat

4 Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga

Keuntungan bisnis tanaman hias bunga mawar

Ilustrasi bisnis tanaman hias bunga mawar potong

Bagaimana keuntungan bisnis tanaman hias bunga mawar? Saya berikan ilustrasi.

Harga per tangkai Rp.2500-3000. Dalam 1 hektar jenis/varietas unggul dapat menghasilkan 120.000-280.000 tangkai  pertahun. Kita ambil harga dan jumlah panen terendah 2500 x 120.ooo= 300.000.000!! bila dikurangi biaya sewa lahan, biaya bibit, biaya tenaga kerja, dan biaya perawatan. Mungkin bersih sekitar 150jt-200jt per tahun. Lumayan kan?

Untuk bisnis lainnya belum bisa saya ilustrasikan, karena keterbatasan informasi. Mungkin dilain waktu akan saya bagikan. Sekian Peluang bisnis tanaman hias bunga mawar dari saya. Silahkan action untuk menjadi pengusaha. Wassalam

Leave a Reply