4 Peluang Bisnis Bunga Kamboja Beserta Tipsnya

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai keuntungan, prospek dan peluang usaha yang jarang disadari orang padahal peluang usaha bunga ini ada hampir di tiap daerah di Indonesia, yaitu: bisnis bunga kamboja.

Bunga kamboja atau semboja pada umumnya banyak ditanam di pemakaman, maka sebab itu ada yang mengungkapkan bahwa bunga kamboja itu simbol kematian. Mungkin karena hal itulah banyak yang agak takut menanam bunga kamboja. Padahal bunga ini menyimpan sebuah prospek bisnis tanaman hias yang menguntungkan dan cerah.

Peluang usaha bunga kamboja. Apa saja itu?

Bunga kamboja mempunyai bau harum. Bunga ini mempunyai banyak manfaat, mulai akar, getah sampai bunganya punya kegunaan masing-masing. Bila dijadikan sebuah bisnis, bunga kamboja sangatlah menguntungkan.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Tanaman Hias Bunga Mawar

Waktu awal booming bisnis ini, satu kilogram bunga kamboja kering dihargai 100 ribu rupiah. Sekarang harganya sudah mulai turun 75.000-50.000 rupiah per kilogram untuk pasar daerah Surabaya. Sedangkan di daerah lain rata-rata dihargai 60.000 rupiah per kilogram.

peluang usaha bunga kamboja cukup menguntungkan

peluang usaha bunga kamboja cukup menguntungkan

Harga bunga kamboja cukup mahal sebab mengikuti permintaan pasar luar negeri yang sangat tinggi. Negara-negara tujuan ekspor bunga kamboja yaitu: Korea Selatan, Jepang, dan Cina. Di negara-negara tersebut, bunga kamboja kering diekstrak dan diolah menjadi bermacam-macam produk, diantaranya menjadi teh, sabun mandi, lotion anti nyamuk, parfum, produk kecantikan dan produk herbal.

Berdasarkan analisis dan pengalaman para pengusaha bunga kamboja, setidaknya kita dapat menghasilkan uang dari bunga kamboja melalui 2 cara, yaitu: sebagai petani ataupun distributor. Tapi peluang bisnis bunga kamboja ini ada 4 macam, yaitu:

1. Bisnis Budidaya bunga kamboja

Bila kamu masih mencari bisnis yang menguntungkan tetapi masih belum ketemu, tak ada salahnya mencoba bisnis bunga kamboja sebagai petani. 1 hektar lahan kebun bila ditanami pohon kamboja setidaknya ada 200an pohon kamboja.

peluang usaha bunga kamboja melalui penjualan bibit bunga kamboja hias atau jepang

peluang usaha bunga kamboja melalui penjualan bibit bunga kamboja hias atau jepang

Bila sepuluh pohon menghasilkan satu kilogram bunga kamboja basah tiap harinya, maka akan ada 20 kilogram bunga kamboja basah yang kemudian mengering menjadi 3 kilogram tiap harinya (perbandinga kamboja basah dan kering dalam berat yaitu 7:1).

Dalam satu bulan akan dihasilkan 600 kilogram kamboja kering, bila dirupiahkan menjadi 60.000 x 90 = 5,4 juta rupiah. Bagaimana jika anda memiliki lahan yang lebih luas? Bagaiman jika harga jualnya kembali Rp.100.000?

Baca juga: Prospek Bisnis Tanaman Hias Bunga Anggrek yang Menjanjikan

2. Bisnis distributor bungaa kamboja

Bila kita tidak mampu menjadi petani dan panen tiap hari, ada cara yang lebih gampang, adalah dengan menjadi pengepul atau distributor bunga kamboja. Caranya yaitu dengan mengunjungi masyarakat di sekitar makam dan memberitahukan potensi ini kemudian menawarkan mereka untuk menyetorkan bunga kamboja kering yang diperolehnya ke kita secara teratur. Atau anda juga bisa mengumpulkan bunga kamboja dari para petani untuk menditribusikannya ke industry. Tapi model ini perlu jaringan usaha yang luas.

3. Bisnis bunga kamboja sebagai bonsai/ tanaman hias

peluang bisnis bunga kamboja melalui tanaman bonsai

peluang bisnis bunga kamboja melalui tanaman bonsai

Inilah model bisnis bunga kamboja yang banyak dilupakan orang, bonsai! Banyak yang lupa ataupun tidak tahu bahwa bunga kamboja dapat dijadikan bonsai. Padahal inilai model usaha bunga kamboja yang paling mmenguntungkan. Jika anda memilih ini, maka sebaiknya pahami dulu cara melakukan bonsai pada tanaman hias. Dan ketahui bahwa hanya bunga kamboja hias/ jepang lah yang paling bagus di-bonsai.

Bisnis bunga kamboja sebagai bonsai tidak mengandalkan kuantitas atau jumlah yang bisa dihasilkan, tapi lebih ke kualitasnya. Jika anda bisa menghasilkan bonsai yang berkualitas, harga jualnya bisa mencapai 10.000.000 per 1 pohonnya. 1 pohon bonsai yang laku saja sudah dapat menghidupi kebutuhan anda, bagaimana kalau sebulan yang laku 10 buah dengan harga rata-rata 3.000.000 per pohon? Bagaimana kalau anda bisa menjualnya lebih mahal?

4. Bisnis bibit bunga kamboja

Bunga kamboja juga dapat dibudidayakan sebagai bibit untuk memenuhi permintaan konsumen. Permintaan bunga kamboja juga cukup ramai. Apalagi dari para petani bunga kamboja yang menjadi supplier bunga kamboja kering.  Jika anda memilih model bisnis ini, sebaiknya anda harus mempelajari cara membudidayakan bunga kamboja yang benar agar hasil yang anda dapatkan bisa maksimal.

Keuntungan yang didapatkan dari model bisnis bunga kamboja ini juga cukup bagus. 1 pohon bibit bunga kamboja biasa dihargai 5.000-15.000, tergantung ukuran pohonnya. Pastikan anda rutin membudidayakannya agar hasilnya lebih banyak.

Baca juga: 3 Peluang dan Prospek Bisnis Bunga Melati

Tips bisnis bunga kamboja kering yang harus anda perhatikan

Vagaimana cara memulai bisnis bunga kamboja kering? Pasti banyak pikiran kalian yang bingung bagaimana cara memulai usaha ini. Berikut beberapa tipsnya

  • Jenis bunga kambojaapakah yang dapat dikeringkan untuk dijual? Jenis bunga kamboja apapun, segala warna, baik warna putih, merah, kuning, ungu, pink, dll. Yang paling penting jenisnya ialah bunga kamboja pohon yang harum, bukan kamboja hias atau kamboja jepang.
  • Bagaimana cara mengeringkan bunga kamboja? bunga kamboja yang berguguran ditanah yang masih segar diambil, lalu dijemur. Bungayang telah membusuk ditanah, atau telah bewarna hitam berjamur, itu semua tidak bisa dimasukkan  dalam penjemuran sebab itu termasuk sampah dan tidak digunakan. Mengeringkannya juga dapat memakai alat pengering, namun lebih baik memakai sinar matahari langsung supaya dapat mengirit
  • Berapa lama bunga kamboja dapat kering? Lama penjemuran dengan terik matahari umumnyabila terik 3-4 hari, namun bila memakai seng sebagai lasnya maka cuma memerlukan 2-3 hari saja.
  • Memerlukanberapa kg kamboja basah/segar untuk menghasilkan 1kg kamboja kering kering? rata-rata diperlukan 6-7kg kamboja basah untuk menghasilkan 1kg kering. Bisa diakatakan 7:1 lah
  • Bagaimana mendapatkan kualitas kamboja kering yang baik? Kamboja kering tersebut harusbetul-betul kering, ciri-cirinya bagian tangkai bunga dapat dipatahkan dengan gampang (kadar airnya < 16%). Bunga kamboja juga harus bersih, yaitu tidak tercampur dengan kotoran lain atau dicampur dengan bunga lain, Bunga kamboja yang busuk dikeringkan, jika masih terdapat kotoran ranting, batu, daun, pasir, krikil, lempung, dll tidak dapat diikutkan. Intinya bunga kamboja kering tersebut tidak boleh tercampur dengan selain kamboja kering itu sendiri.
peluang bisnis bunga kamboja kering yang menguntungkan

peluang bisnis bunga kamboja kering yang menguntungkan

  • Berapa kg kamboja keringyang dapat dimasukkan ke dalam karung 50kg? umumnya satu karung dapat diisi lebih dari 10kg kamboja kering.
  • Apakah saat memasukkan kamboja kering ke karung bisa dipencet-pencet/ dipadatkan? Bisa, silahkan. Bukan masalah kok.
  • Jika maumenjual ke wilayah lain, Berapa lama pengiriman sampai di tempat tujuan? Rata-rata lama pengiriman 2-7 hari. Tergantung ekspedisi yang anda gunakan juga.

Baca juga: 6 Bisnis Tanaman Hias yang Paling Menguntungkan

Sekian dulu peluang bisnis bunga kamboja dan tipsnya dari kami. Bagaimana, berminat untuk berbisnis bunga kamboja di kampung halaman masing-masing? Semoga tulisan peluang usaha bunga kamboja ini bisa menginspirasi bagi pengsaha muda yang mau membangun dan mengembangkan daerahnya. Wassalam

Leave a Reply